Kasdim 0824 Mayor Inf Robertus Ardha Ajak Masyarakat Memanfaatkan Tiga Pilar

Redaksi: Jumat, 24 November 2017 | 00.14.00




JEMBER| HARIAN9
Kepala Staf Kodim 0824 (Kasdim 0824) Mayor Inf Robertus Ardha ajak masyarakat peka terhadap perkembangan situasi disekitarnya dan Memanfaatkan Keberadaan 3 Pilar.

Hal tersebut disampaikannya saat menjadi narasumber pada Saresehan Sinergitas 3 Pilar Dan Peran Masyarakat Dalam Pencegahan Faham Radikal yang diadakan oleh Bakesbangpol Pemkab Jember di Balai Kantor Kecamatan Bangsalsari Kamis 23/11/2017 Pukul 09.00 Wib.
Sebelum memberikan materinya Mayor Inf Robertus Ardha menyampaikan permohonan maaf Komandan Kodim 0824 Jember karena tidak bisa hadir pada acara tersebut, pada intinya Mayor Inf Robertus Ardha mengajak masyarakat untuk peka terhadap perkembangan yang terjadi disekitarnya.

Satu missal ada kegiatan kelompok masyarakat yang indikasinya mencurigakan bahkan melibatkan warga diluar wilayah tersebut hendaknya segera melaporkan kepada 3 Pilar yang ada baik Babinsa, Bhabinkamtibmas maupun Kepala Desa, jangan berperilaku apatis terhadap hal tersebut.

Diera seperti sekarang ini dimana perkembangan sarana informasi semakin canggih banyak dimanfaatkan oleh pihak-pihak tertentu untuk melakukan kegiatan yang berpotensi memecah belah persatuan dan kesatuan, melalui isu-isu, kegiatan-kegiatan yang banyak terprovokasi dari berita-berita media sosial, sehingga dengan keterbatasan sumberdaya aparat, peran masyarakat sangatlah dibutuhkan.

Kepedulian masyarakat tersbut akan menumbuhkan upaya deteksi dini dan cegah dini yang bermuara pada pengambilan langkah-langkah konkrit oleh pihak-pihak yang memiliki kewenangan menanganinya dengan sesegera mungkin sehingga apabila itu berpotensi menimbulkan konflik  tidak sampai berkembang dan meluas. 
Demikian halnya Kasatintelpam Polres Jember AKP Idam Kholid yang juga menyampaikan bahwa di Kabupaten Jember sudah ada masyarakat yang terpengaruh faham-faham radikalisme, termasuk tidak mau hormat kepada Bendera Kebangsaan Merah Putih, Dasar Negara Pancasila dan lain-lain, untuk itu masyarakat harus jeli dalam menyikapi berbagai perkembangan disekitarnya. 

Hadir pada kesempatan tersebut diantaranya Muspika dari Kec Bangsalsari, Kec Umbulsari dan Kec Rambipuji yang masing-masing bersama 3 pilar jajarannya dan tokoh agama serta tokoh masyarakat dari wilayahnya.
Menyikapi kegiatan tersebut Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Rudianto dalam konfirmasinya menyampaikan permohonan maaf karena tidak dapat hadir dan mewakilkan kepada Kasdim 0824, terkait kegiatan tersebut dirinya mendukung terhadap kegiatan yang dilaksanakan tersebut.

Hal itu tentunya mengingatkan kita semua untuk lebih waspada diera seperti sekarang ini sebagai langkah antisipatif,  jangan sampai ada faham radikal dan kita terlambat untuk mengantisipasinya, untuk itu kita sangat memerlukan peran aktif masyarakat, masyarakat harus punya keberanian untuk melaporkan dalam turut serta menjaga  keselamatan bangsa dan keutuhan NKRI. (sis24) rel/01


Komentar