Karang Taruna Diharapkan Berperan Lestarikan Kearifan Lokal

Redaksi: Sabtu, 25 November 2017 | 11.21.00



TAPSEL| HARIAN9
Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) Syahrul M Pasaribu mengharapkan Karang Taruna Kabupaten Tapsel mampu berperan dan bisa menumbuhkembangkan kearifan lokal (local wisthem) khususnya di Kabupaten Tapsel.

Harapan tersebut disampikan Bupati pada penutupan malam grand final pemilihan boru namora / duta Karang Taruna se-Kabupaten Tapsel tahun 2017 dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Tapsel  ke-67 di alun-alun pasar Sipirok Kecamatan Sipirok, Rabu (22/11) malam.

Acara pemilihan boru namora / duta Karang Taruna se-Kabupaten Tapsel tersebut berlangsung meriah yang dihadiri Ketua Karang Taruna Provinsi Sumatera Utara Solahuddin Nasution SE, M.Si, Sekda Tapsel Drs. Parulian Nasution MM, pengurus TP PKK Tapsel, Ketua Karang Taruna Tapsel, Sibolga, Medan, Tapteng, Labuhan Batu, Asahan, Madina, Tobasa, tokoh adat, tokoh masyarakat, para pejabat di lingkungam Pemkab Tapsel dan ribuan warga Tapsel yang memadati alun-alun pasar Sipirok.

Lebih lanjut Syahrul M Pasaribu menyampaikan, acara pemilihan duta Karang Taruna Tapsel tersebut sengaja dipadukan dengan Hari Jadi Kabupaten Tapsel yang salah satu tujuannya adalah untuk menumbuhkembangkan kearifan local.

Dia juga berharap di zaman yang serba canggih saat ini ciri khas kita sebagai masyarakat Tapsel yang memiliki kearifan lokal tidak boleh lekang atau tergerus dengan zaman.

“Saya juga mengapresiasi kegiatan seperti ini, karena sudah mengambil sebahagian tanggung jawab pemerintah dengan melestarikan local wisthem,“ ujarnya.

Terakhir Bupati berpesan kepada seluruh Kepala Desa di Tapsel agar melibatkan semua Karang Taruna di desanya masing-masing untuk turut melestarikan lokal wisthem adat dan budaya agar identetias kita sebagai masyarakat yangg berbudaya tidak hilang ditelan zaman.

Sementara Ketua Karang Taruna Provinsi Sumatera Utara Solahuddin Nasution SE, M.Si, berharap kiranya pemiihan Boru Namora / duta Karang Taruna ini bisa lebih diberdayakan di masyarakat Kabupaten Tapsel.

Hal tersebut cukup beralasan mengingat materi yang diujikan pada pemilihan duta Karang Taruna menyangkut tentang kepedulian sosial kemasyarakatan.

Dia juga mengapresiasi Ketua Majelis Pertimbangan Karang Taruna Tapsel Hj. Syaufia Lina, SH, M. SP, karena kepedulian beliau yang sangat tinggi membina Karang Taruna dengan turun langsung ke Desa dan Kecamatan di Kabupaten Tapsel.

Pada kesempatan itu,  Bupati berkesempatan memberikan pertanyaan kepada tiga orang Finalis dari 22 Finalis yang lolos seleksi. Keluar sebagai pemenang kontes Boru Namora / duta Karang Taruna Tapsel, yakni Nova Indah Sari dari Kecamatan Angkola Timur, Juara II Kharisma Herawati Dewi dari Kecamatan Angkola Sangkunur dan Juara III Elli Hotria Siregar dari Kecamatan Arse. (Wan9)


Bupati Tapsel Syahrul Pasaribu memberian ucapan selamat kepada Nova Indah Sari pemenang   pemilihan boru namora / duta Karang Taruna se-Kabupaten Tapsel tahun 2017 dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Tapsel  ke-67 di alun-alun pasar Sipirok Kecamatan Sipirok, Rabu (22/11) malam.  (Foto : Riswandy)


Komentar