Kerja Sama Indonesia-Taiwan Meningkat, KDEI Taipei Terima Penghargaan

Redaksi: Kamis, 02 November 2017 | 23.42.00

Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia (KDEI) Taipei menerima penghargaan dari Chamber of Commerce of Taiwan (ROCCOC) sebagai Outstanding Foreign Commercial Agencies 2017. (Foto: kemendag)


TAIPEI| HARIAN9
Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia (KDEI) Taipei menerima penghargaan dari Chamber of Commerce of Taiwan (ROCCOC) sebagai Outstanding Foreign Commercial Agencies 2017. 

Penghargaan diberikan atas kontribusi KDEI Taipei terhadap terwujudnya kerja sama yang baik antara Indonesia dan Taiwan. Berbagai kerja sama antara kedua negara selama ini mengalami kemajuan yang menggembirakan, termasuk di bidang ekonomi.

Dalam kerangka Joint Committee on Trade and Investment, Indonesia dan Taiwan terus menjajaki kerja sama yang semakin menguntungkan bagi kedua pihak.

“Penghargaan ini menjadi pemicu bagi kami untuk terus bekerja lebih keras mewujudkan kerja sama yang menguntungkan, tentu sejalan dengan kepentingan nasional kita,” ujar Kepala KDEI Taipei Robert J. Bintaryo, Kamis (02/11).

Melihat kinerja perdagangan tahun ini, tepatnya hingga Agustus 2017, berdasarkan data dari Kementerian Keuangan Taiwan, baik Indonesia maupun Taiwan menikmati laju perdagangan yang positif. 

Total perdagangan Taiwan dengan Indonesia mencapai sekitar USD.5,29 miliar, dengan total ekspor Taiwan ke Indonesia sekitar USD.2,1 miliar dan total impor Taiwan dari Indonesia sekitar USD.3,18 miliar. 

Dibandingkan dengan total perdagangan pada periode yang sama tahun 2016 sebesar USD.4,61 miliar, terjadi peningkatan sebesar 14,72 persen. Khususnya untuk ekspor Indonesia ke Taiwan mengalami pertumbuhan sebesar 13,31 persen.

“Tidak hanya ekspor Indonesia ke Taiwan yang tumbuh, tetapi juga pada periode Januari sampai dengan Juni 2017, investasi Taiwan ke Indonesia tumbuh sebesar 206 persen,” kata Robert menambahkan.

Penghargaan tersebut diberikan pada tanggal 1 Nopember 2017 di Howard Plaza Hotel Taipei bersamaan dengan ulang tahun ke-71 Chamber of Commerce of Taiwan (ROCCOC).

Selain KDEI Taipei, perwakilan asing yang menerima penghargaan tersebut adalah Haiti, Prancis, Denmark dan Vietnam. (rel/03)
Editor: Mardan H Siregar


Komentar