Komisi VIII DPR RI Kukuhkan Tim KSB Di Mandailing Natal

Redaksi: Jumat, 10 November 2017 | 22.52.00

Wakil Ketua Komis VIII DPR RI, Iskan Qolba Lubis mengukuhkan Tim Kampung Siaga Bencana (KSB) di Desa Malintang Jae, Kecamatan Bukit Malintang, Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara. (Foto: kemensos)


MANDAILING NATAL| HARIAN9 
Wakil Ketua Komis VIII DPR RI, Iskan Qolba Lubis mengukuhkan Tim Kampung Siaga Bencana (KSB) di Desa Malintang Jae, Kecamatan Bukit Malintang, Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara.

Ia mengajak masyarakat meningkatkan kesadaran terhadap bencana dan penguatan pengetahuan kebencanaan melalui Kampung Siaga Bencana.

"Keberadaan KSB di lokasi rawan bencana di mana Tagana sebagai fasilitatornya sangat penting dan terbukti mampu menambah jangkauan pemerintah khususnya Kementerian Sosial dalam mengembangkan pendekatan manajemen kebencanaan berbasis masyarakat," katanya, Rabu (8/11).

"Jumlah KSB di Indonesia saat ini mencapai 567 lokasi dan terus bertambah jumlahnya," kata Kasubdit Kesiapsiagaan dan Mitigasi Direktorat PSKBA, Ni Masjitoh Siswandewi hadir pada kegiatan tersebut.

Pada tahun 2018, ditargetkan akan ada 68 KSB lagi yang berdiri di wilayah-wilayah rawan bencana.

"Diperkirakan, seribu KSB bisa terbentuk hingga akhir masa kepresidenan Joko Widodo 2019 mendatang," lanjutnya.

“KSB di Kabupaten Manadailing Natal ini dibentuk karena Kabupaten ini memiliki indeks resiko tinggi dan peringkat nomor satu beresiko bencana di antara kabupaten/kota lainnya," imbuhnya.

KSB diharapkan dapat menguatkan kepedulian dan komitmen dalam memberikan layanan kepada warga yang tertimpa bencana.

"Kami harapkan dengan penguatan kebencanaan ditingkat masyarakat ini akan semakin meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi bencana," harap Iskan mengakhiri sambutannya. (kemensos/03)
Editor: Mardan H Siregar






Komentar