Konga XXIII-K/Unifil Dapat Penghargaan Dari EMU Unifil

Redaksi: Selasa, 21 November 2017 | 17.11.00


LEBANON| HARIAN9 
Prajurit TNI yang tergabung dalam Satgas Yonmek Indobatt Konga XXIII-K/Unifil mendapat penghargaan dari Environment Management Unit (EMU) Unifil di Kompi B UNP 7-3, Lebanon, Senin (20/11/2017).

Komandan Indobatt Konga XXIII-K/Unifil Letkol Inf Yudi Gumilar, S.Pd. memimpin upacara penyerahan penghargaan dari Unifil kepada dua orang prajurit Indobatt XXIII-K/Unifil yaitu Serka I Nengah Astawan dan Sertu I Nyoman Setiawan.  Penghargaan tersebut diberikan kepada kedua prajurit tersebut karena telah berhasil menciptakan sebuah inovasi penggunaan barang-barang bekas pakai dari spare part kendaraan.

Lebih lanjut Letkol Inf Yudi Gumilar memberikan apresiasi kepada kedua prajuritnya dengan inisiatif dan ketrampilan yang dimiliki Serka I Nengah dan Sertu I Nyoman menciptakan sebuah replika Robot Transformer Garuda.  Kedua prajurit Indobatt XXIII-K/Unifil memanfaatkan kampas rem, kampas kompling, dekrup matahari, rantai keteng, dinamo starter, dinamo ampere, kompresor AC, laher-laher, kabel rem, shockbreaker, knalpot dan masih banyak lagi spare part bekas pakai kendaraan tempur ataupun kendaraan ringan untuk membentuk suatu replika Robot Transformer Garuda.

“Pembuatan replika robot itu dikerjakan oleh kedua prajurit mulai dari desain hingga finishing dengan penuh ketelitian dan kesabaran. Kurang lebih selama dua bulan mereka memotong, mengelas merakit, bagian per bagian hingga membentuk sebuah robot,” kata Letkol Inf Yudi Gumilar. 

Komandan Indobatt Konga XXIII-K/Unifil kagum dengan karya ini, sangat bernilai seni meskipun terbuat dari barang-barang bekas. Saat ini replika Robot Transformer Garuda telah berdiri bersebelahan dengan patung Garuda di Markas Kompi B Indobatt XXIII-K.

Environment Management Unit (EMU) Unifil adalah suatu badan yang bertanggung jawab atas pengelolaan dan pemeliharaan lingkungan hidup. EMU memberikan apresiasi kepada prajurit Indobatt Konga XXIII-K/Unifil karena telah mampu memanfaatkan barang-barang bekas menjadi sebuah kreasi yang bermanfaat dan mempunyai nilai seni sehingga tidak hanya terbuang percuma  dan menumpuk di suatu tempat yang menjadi suatu polusi dan kerusakan lingkungan. (Autentikasi: Perwira Penerangan Satgas Yonmek Konga XXIII-K/Unifil : Lettu Sus Novi Sujatmiko) r/01

Komentar