KPU Paluta Gelar Sosialisasi Penggunaan Aplikasi SILON Pilkada 2018

Redaksi: Senin, 06 November 2017 | 01.02.00

Ketua KPU Paluta Rahmat Hidayat Siregar saat memberikan sambutan pada kegiatan sosialisasi penggunaan aplikasi SILON di aula Sekretariat KPU Paluta, Minggu (5/11). (Foto: Riswandy)


PALUTA| HARIAN9
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) menggelar sosialisasi tata cara penggunaan aplikasi Sistem Informasi Pencalonan (SILON) pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Paluta tahun 2018 mendatang, dihadiri tim bakal calon perseorangan serta anggota partai politik, yang berlangsung di Sekretariat KPU Paluta, Minggu (5/11).

Ketua KPU Paluta Rahmat Hidayat Siregar mengatakan aplikasi SILON bertujuan untuk memudahkan paslon yang akan maju melalui jalur perseorangan maupun yang diusung parpol pada proses pencalonan Bupati dan Wakil Bupati 2018 mendatang, dan wajib bagi calon untuk mengikuti prosedur SILON tersebut.

“Sosialisasi ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tata cara penggunaan aplikasi silon, pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati mendatang, mengingat sekarang sistemnya serba input,” ujarnya.

Disebutkannya, selama ini proses pencalonan seringkali terkendala oleh ketidaksiapan para bakal pasangan calon dalam mempersiapkan syarat-syarat administrasi yang harus dipenuhi, tidak jarang pula para bakal pasangan calon memberikan syarat-syarat kelengkapan administrasi mepet dengan tenggang waktu yang telah ditetapkan, sehingga hal itu mempersulit KPU untuk memverifikasinya.

“Karena itu, sosialisasi penggunaan aplikasi Silon ini sangat penting diikuti peserta agar nantinya tidak terjadi kesalah pahaman dalam hal pemenuhan persyaratan pasangan calon kepala daerah,” katanya.

Sementara itu Komisioner KPU Paluta Divisi Teknis M Ali Ansor Siregar yang bertindak sebagai pemateri menyampaikan, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman bagaimana tata cara pencalonan dan penggunaan aplikasi kepada setiap calon yang akan mendaftar nantinya.

“SILON ini mempermudah para kandidat pada proses tahapan secara menyeluruh, dan melalui aplikasi ini akan memastikan pasangan calon memenuhi syarat,” jelasnya, seraya berharap proses tahapan pencalonan ini dapat dijadikan bukti otentik atas dokumen-dokumen yang diserahkan oleh bakal pasangan calon selama tahapan pencalonan. (Wan9)
Editor: Mardan H Siregar  















Komentar