KPU Paluta Latih PPS Tata Cara Verfikasi Faktual Dukungan Calon KDH Jalur Perseorangan

Redaksi: Selasa, 28 November 2017 | 20.28.00

Komisioner KPU Paluta Herisal Lubis saat memimpin Bimtek PPS tentang tata cara verifikasi faktual dukungan Balon Bupati dan Wakil Bupati Paluta pada Pilkada serentak 2018 melalui jalur perseorangan, bertempat di Kantor Camat Hulu Sihapas, Kabupaten Paluta, Senin (27/11). (Foto: Riswandy)


PALUTA| HARIAN9
Dalam rangka mensukseskan penyelenggaraan tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Padang Lawas Utara (Paluta) Tahun 2018, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Paluta melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) terhadap anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) se Kabupaten Paluta, terkait tata cara verifikasi faktual dukungan Bakal Calon (Balon) Bupati dan Wakil Bupati dari jalur perseorangan di Kantor Camat Hulu Sihapas Kabupaten Paluta, Senin (27/11).

Ketua KPU Kabupten Paluta Rahmat Hidayat Siregar SP melalui Komisioner KPU dari Divisi Sumder Daya Manusia (SDM) dan Partisipasi Masyaralat (Parmas) Herisal Lubis mengatakan, Bimtek tersebut dilaksanakan sebagai mana diatur pada lampiran PKPU Nomor 1 Tahun 2017 bahwa pada tanggal 12 s/d 25 Desember 2017 adalah masa pelaksanaan verifikasi faktual dukungan Balon Bupati dan Wakil Bupati dari jalur perseorangan.

Kemudian, didalam PKPU Nomor 3 Tahun 2017 terakhir diubah dengan PKPU Nomor 15 Tahun 2017 tentang pencalonan bahwa yang melaksanakan verifikasi faktual itu adalah PPS. 

“Atas dasar PKPU itulah, makanya Bimtek ini dilaksanakan, supaya PPS kita di Desa benar-benar siap dan faham dalam melaksanakan tugas verifikasi faktual ini,“ ujar Herisal Lubis.

Dijelaskannya, pelaksanaan Bimtek dijadwalkan berlangsung selama 3 hari yakni 27 s/d 29 November 2017, yang dilakukan secara bergiliran dan untuk pelaksanaannya dipusatkan di setiap Kantor Camat masing-masing yang diikuti oleh PPS dan dikoordinir oleh PPK yang sebelumnya telah mengikuti Bimtek terkait materi yang sama.

“Untuk hari ini, Senin (27/11) KPU Paluta melaksanakan Bimtek di 4 Kecamatan yakni Kecamatan Batang Onang, Kecamatan Hulu Sihapas, Kecamatan Padang Bolak Julu dan Kecamatan Padang Bolak Tenggara,“ katanya

Ditambahkannya, di dalam Bimtek ini pihaknya menyampaikan materi tentang tata kerja agar PPK dan PPS faham dan sadar akan tugas, fungsi dan tanggungjawabnya.

“Bimtek ini kita jadwalkan selama tiga hari secara bergiliran di setiap kecamatan untuk memantapkan pemahaman PPK dan PPS atas tugas dan fungsinya,” tegasnya. (Wan9)
Editor: Mardan H Siregar 



Komentar