KPU Paluta Minta PPS Segera Tetapkan Unsur Sekretariat

Redaksi: Rabu, 15 November 2017 | 03.59.00

Ketua KPU Paluta Rahmat Hidayat Siregar saat acara pelantikan PPS Kecamatan Padang Bolak kabuppaten Paluta baru-baru ini. (Foto : Riswandy)


PALUTA|HARIAN9
Dalam rangka perhelatan Pilkada serentak yang akan berlangsung pada tahun 2018 mendatang, sekaligus untuk menunjang kinerja anggota PPS Desa dan Kelurahan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) mendesak Panitia Pemungutan Suara (PPS) di seluruh Desa dan Kelurahan untuk menetapkan unsure sekretariat paling lambat 15 November mendatang.

Ketua KPU Paluta Rahmat Hidayat SP melalui devisi SDM dan Parmas Herisal Lubis mengatakan pembentukan sekretariat PPS yang berjumlah 3 orang per Desa / Kelurahan Se-Paluta bertugas membantu kinerja anggota PPS yang diunjuk dan dikukuhkan melalui SK oleh Kepala Desa / Lurah.

Sedangkan persyaratan untuk menjadi sekretariat PPS yang terdiri dari Ketua, Sekretaris dan Bendahara sama halnya seperti persyaratan untuk menjadi anggota PPS, antara lain bukan kader Parpol atau terdaftar sebagai pendukung tim perseorangan Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Paluta 2018 serta tidak menjabat sebagai Kepala Desa / Lurah.

“ Sekretariat PPS ini di unjuk langsung Kepala Desa / Lurah. Mengenai persyaratannya sama dengan persyaratan untuk menjadi anggota PPS dan SK kepengurusan sekretariat PPS yang berjumlah 3 orang per Desa / Kelurahan nanti akan diserahkan ke masing-masiing PPK untuk direkomendasikan ke KPU Paluta, “ ujarnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kecamatan Padang Bolak Tohong Pangondian Harahap saat dikonfirmasi mengatakan anggota PPS di desa /  kelurahan masih tahap proses pembentukan dan belum ada anggota PPS yang menyerahkan rekomendasi kepengurusan Sekretariat PPS ke PPK Kecamatan Padang Bolak untuk disampaikan KPU Paluta. 

“ PPS di wilayah Padang Bolak masih tahap proses pembentukan sekretariat PPS. Mudah-mudahan sekretariat PPS di Padang Bolak akan segera terbentuk di seluruh Desa dan Kelurahan, “ pungkasnya. (Wan9)




Komentar