Mabes Polri Gerebek Gudang Pengoplos Beras di Batam

Redaksi: Senin, 06 November 2017 | 21.45.00

Mabes Polri dikabarkan menggerebek sebuah industri pengoplos beras di PT Usaha Kiat Permata, Batam, Sabtu pagi. Industri itu diketahui berada di sebuah kompleks Mega Cipta Industrial Batu Ampar, Kota Batam, Kepulauan Riau, Senin (6/11). (Foto: Agus Jurnalis)


BATAM| HARIAN9 
Mabes Polri dikabarkan menggerebek sebuah industri pengoplos beras di PT Usaha Kiat Permata, Batam, Sabtu pagi. Industri itu diketahui berada di sebuah kompleks Mega Cipta Industrial Batu Ampar, Kota Batam, Kepulauan Riau, Senin (6/11).

Beras yang dioplos antara beras lokal dengan beras impor ilegal. Polisi menyita puluhan karung beras. Industri pengoplosan itu disebut-sebut milik A Liang.

Di sana tampak sejumlah peralatan pengoplosan. Termasuk diantaranya forklift yang biasa mengangkat karung-karung beras.

Beras-beras itu kemudian dikemas dalam sebuah karung. Tampak juga mesin-mesin dan alat-alat untuk pengoplosan yang sudah dibikin sedemikian rupa.

Dari informasi yang dihimpun penggerebekan itu dipimpinan AKBP Kurniawan dan anggotanya dari Mabes Polri. 

Selain itu juga diketahui penggerebekan dihadiri Kombes Pol Budi Suryanto dan Direktur Intelijen dan Keamanan Polda Kepri Kombes Pol Musa Tampubolon dari Polda Kepri.

Perusahaan tersebut beralamat lengkap di Komplek Pergudangan Mega Cipta Indutrial Park, Blok E No 1 Batu Ampar Kota Batam.

Modus

Beras Bulog diduga sengaja dioplos dengan beras impor di Kepulauan Riau. Praktik curang ini sudah jamak terjadi. Hanya saja aparatur setempat tak menunjukkan sikap tegas.

Modusnya, beras Bulog tersebut biasanya dicampur dengan beras impor ilegal dari Thailand dan Vietnam. Kemudian dikemas dengan karung beras Bulog agar tak kentara.

Dan dijual dengan harga tinggi di pasaran. Praktik semacam ini sudah berlangsung di sejumlah daerah di Kepri seperti di Batam, Tanjungpinang, Karimun. Para pelaku dengan leluasa melakukan itu diduga setelah kongkalingkong dengan aparat terkait.

Informasi di lapangan para pemain beras tersebut diantaranya Ks dan Al. Para pemain beras ini sudah cukup tersohor dan sudah lama bermain beras tersebut. (ag9)
Editor: Mardan H Siregar 



Komentar