Mardiasmo: Litbang Penting untuk Inovasi

Redaksi: Selasa, 21 November 2017 | 22.52.00

Wamenkeu Mardiasmo memberikan keynotespeech dalam acara Forum Komunikasi Kelitbangan Kementerian/Lembaga (FKK) di Ballroom Grand Mercure Hotel Harmoni, Jakarta (21/11). (Foto: kemenkeu)


JAKARTA| HARIAN9
Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Mardiasmo menyampaikan bahwa penelitian dan pengembangan (litbang) sebagai sumber inovasi sangat diperlukan oleh bangsa dan negara ini untuk terus bergerak maju. 

Hal itu disampaikannya dalam pada acara Forum Komunikasi Kelitbangan Kementerian/Lembaga (FKK) di Ballroom Grand Mercure Hotel Harmoni, Jakarta, Selasa (21/11).

"Kita harus memberi peran lebih pada kegiatan penelitian dan pengembangan agar menciptakan nilai tambah yang lebih besar bagi perekonomian. Saya sekali lagi, ingin menekankan bahwa penguasaan teknologi dan inovasi memiliki peranan sangat penting agar tongkat estafet bangsa dapat diteruskan dari generasi ke generasi berikutnya," jelasnya.

Di masa mendatang, perubahan teknologi akan semakin cepat. Digitalisasi, robotisasi dan otomatisasi tidak terelakkan. Tantangan-tantangan ketenagakerjaan di masa depan menyiratkan bahwa kita tidak boleh dikalahkan oleh teknologi itu sendiri.

"Kitalah yang perlu menguasai teknologi. Oleh karena itu, kita harus mempersiapkan SDM (Sumber Daya Manusia) kita dengan skill dan pengetahuan yang sesuai dengan perkembangan zaman," pesannya.

Di acara yang diselenggarakan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan, Kementerian Perhubungan tersebut, Mardiasmo juga menekankan pentingnya peranan pengajar, peneliti, institusi penelitian termasuk badan-badan penelitian milik pemerintah untuk membantu Indonesia beradaptasi dengan perkembangan tersebut.

"Pendidikan dan perbaikan kualitas SDM serta penyiapan kesiapan penelitian dan inovasi adalah sebuah investasi yang hasilnya akan kita petik di masa depan namun harus dimulai sedini mungkin," tegasnya. (kemenkeu/03)
Editor: Mardan H Siregar





Komentar