Pameran Pembangunan HUT Ke-67, Pemkab Tapsel

Redaksi: Selasa, 21 November 2017 | 06.04.00

Tokoh masyarakat Tabagsel, yang juga Ketua DPR RI periode 1999 s/d 2004 Dr. Ir. Akbar Tanjung meneken buku tamu saat berkunjung di salah satu stand pada Pameran Pembangunan Memeriahkan HUT Kabupaten Tapsel ke-67 di alun-alun pasar Sipirok, Kecamatan Sipirok, Minggu (19/11). (Foto: Riswandy)



TAPSEL| HARIAN9
Memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) ke-67 Pemkab Tapsel menggelar Pameran Pembangunan, yang dibuka secara resmi oleh Bupati Tapsel H Syahrul Pasaribu SH di alun-alun pasar Sipirok, Kecamatan Sipirok, Minggu (19/11).

Pameran yang dijadwalkan selama lima hari tersebut menampilkan stand milik Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Kecamatan se-Tapsel. 

Selain itu juga ada stand milik PT Bank Sumut, Tambang Emas Martabe PT. Agincourt Resources, PT. Nort Sumatera Hidro Energy (PT. NSHE), Badan Narkotika Nasional (BNN), BUMD, sekolah swasta dan perusahaan lainnya.

Dengan mengambil tema “Bersama Kita Wujudkan Masyarakat Sehat, Cerdas dan Sejahtera”, pembukaan pameran diawali dengan penekanan tombol sirene tanda dibukanya pameran yang dilanjutkan dengan pengguntingan pita oleh Bupati Syahrul M Pasaribu, didampingi Ketua TP PKK Tapsel Ny. Syaufia Lina Syahrul tokoh masyarakat Tabagsel Dr. Ir. Akbar Tanjung.

Dalam pameran ini, stand milik pemerintah dan perusahaan swasta menampilkan barbagai jenis karya dan memamerkan berbagai potensi alam daerah serta program dan hasil kinerja pemerintah serta hiburan rakyat yang digelar setiap malam pameran.

Bupati Tapsel Syahrul M Pasaribu didampingi tokoh masyarakat Tabagsel Dr. Ir. Akbar Tanjung mengatakan, pameran ini selain sebagai wahana promosi program kerja pemerintah, juga bertujuan untuk menginformasikan berbagai hasil pembangunan dan potensi daerah kepada masyarakat luas.

“Di pameran ini telah dipampangkan berbagai miniatur potret potensi daerah dan pembangunan sarana prasana yang telah dilaksanakan pemerintah daerah, sehingga maksud dan tujuan pembangunan itu bisa tersampaikan kepada masyarakat luas,” ujarnya.

Dikatakannya, pembangunan tidak akan berjalan maksimal tanpa ada sinergitas antara pelaku dengan objek pembangunan. Bagaimana sinergitas itu terjalin, tentu harus ada sosialisasi dan keterbukaan informasi ke masyarakat sebagai objek pembangunan.

Bupati juga berjanji untuk terus bersinergi dalam rangka meningkatkan program pembangunan dan memaksimalkan pengelolaan potensi sumber daya daerah dalam rangka meningkatan kesejahteraan rakyat.

“Kami akan terus bekerja keras mencari ide dan anggaran pembangunan, baik dari APBD, APBD Provsu, APBN, yang tentu semua akan tercapai bila ada sinergitas pemerintah, legislatif, berbagai pihak dan pemerintah atasan, sehingga hasil pembangunan seperti lima tahun terakhir ini dapat terus ditingkatan,” katanya.

Sementara tokoh masyarakat Tabagsel Dr. Ir. Akbar Tanjung menyampaikan, saat ini pemerintah terus melakukan berbagai upaya pertumbuhan pada sektor ekonomi, dengan memberikan peluang kepada investor menanamkan investasinya di daerah ini.

“Saya berharap melalui pameran pembangunan ini, masyarakat dapat memperoleh informasi yang jelas dan lengkap tentang perkembangan pembangunan. Itu berarti, masyarakat akan menjadi bagian dari proses pembangunan itu sendiri,” katanya.

Menurutnya, pembangunan di Tapsel hanya akan terwujud apabila persatuan dan kesatuan tetap terbina dengan baik dan kokoh. Untuk itu, seluruh pelaku pembangunan dan masyarakat diimbau agar setiap kegiatan tetap menjaga, memperhatikan pembangunan yang telah dicapai.

“Atas nama pribadi saya menyambut baik pameran pembangunan tersebut dalam rangka mendukung suksesnya pembangunan, yang tentunya bukan semata-mata tugas pemerintah, tetapi memerlukan dukungan penuh dan partisipadi masyarakat secara luas,“ ungkap Ketua DPR RI periode 1999 s/d 2004 itu.

Usai memberikan sambuttan, Bupati bersama Wakil Bupati, Sekda, Forkopimda dan rombongan meninjau seluruh stand pameran. 
Hampir semua stand menampilkan produksi teknologi karya putra-putri Tapsel, diantaranya pakaian tenun, hasil pertanian holtikultura, berbagai produk makanan, minuman, dan souvenir berbahan baku buah salak. 

Hasil teknologi olahan baja dan logam, serta bibit karet dan sawit yang dikembangkan putra-putri daerah.

Turut hadir dalam pembukaan pameran tersebut Ketua Komisi VII DPR RI Gus Irawan Pasaribu, Wali Amanat USU Panusunan Pasaribu, Porkopimda, DPRD Tapsel, Wakil Bupati, Sekda Tapsel, para pejabat Eselon II, III dan IV di lingkungan pemerintah Daerah Kabupaten Tapsel. (Wan9)
Editor: Mardan H Siregar 











                                                                               



Komentar