Panwaslih Paluta Sosialisasikan Pengawasan Pemilu 2019

Redaksi: Rabu, 22 November 2017 | 00.09.00

Komisioner Panwaslih Paluta divisi Penindakan dan Pelanggaran Panggabean Hasibuan SH saat memberikan pemaparan kepada peserta sosialisasi di aula Hotel Mitra Indah Gunung Tua, Selasa (21/11). (Foto: Riswandy)


PALUTA| HARIAN9
Untuk mengajak masyarakat agar turut serta berpartisipasi dalam mengawasi jalannya Pemilu yang akan berlangsung dalam waktu dekat ini, Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslih) Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) gelar sosialisasi peran santri, pelajar, mahasiswa dan jurnalis dalam pengawasan pemilu dalam rangka pemilihan Presiden dan Wakil Presiden serta pemilihan anggota DPR, DPD dan DPRD tahun 2019 Pemilu, di aula Hotel Mitra Indah Gunung Tua, Kecamatan Padang Bolak, Selasa (21/11).

Sosialisasi dibuka Ketua Panwaslih Paluta Marakali Harahap dihadiri Komisioner Panwaslih lainnya yakni Panggabean Hasibuan dan Mus Muliadi Siregar dan diikuti para kalangan pemilih pemula, santri, pelajar, jurnalis serta elemen masyarakat lainnya.

Ketua Panwaslih Kabupaten Paluta Marakali Harahap menyebutkan dalam sosialisasi yang dilaksanakan dengan melibatkan berbagai elemen mulai dari mahasiswa, pelajar, pemilih pemula, santri, pers, Panwas Kecamatan serta elemen masyarakat lainnya adalah upaya mendongkrak partisipasi masyarakat dalam pengawasan Pemilu.

“Sosialisasi ini untuk mengakomodir peran serta masyarakat luas dalam mengawasi penyelenggaraan Pemilu dengan harapan proses demokrasi yang akan dilaksanakan berjalan sesuai aturan prinsip demokrasi agar Pemilu semakin berkualitas khususnya di daerah Paluta dan diharapkan peran dari semua elemen masyarakat diharapkan dalam pengawasan pelaksanaan Pemilu tahun 2019 mendatang,“ ujarnya.

Selain itu, sosialisasi ini juga katanya sebagai tindakan pencegahan terjadinya pelanggaran pemilu sehingga pemilu dapat dilaksanakan secara aman, tertib, lancar dan damai khususnya di wilayah kabupaten Paluta. 

Komisioner Panwaslih Paluta dari Divisi Penindakan dan Pelanggaran Panggabean Hasibuan SH menambahkan, sosialisasi dilaksanakan dengan melibatkan berbagai elemen, mulai dari pemuda, pemilih pemula, LSM, organisasi pemuda, seluruh Panwascam serta elemen masyarakat lainnya, adalah upaya mendongkrak partisipasi dalam rangka pengawasan Pemilu. 

“Terbitnya undang-undang Nomor 7 tahun 2017 memberi warna baru dalam penyelenggaraan pemilihan umum di Indonesia yaitu dengan pelibatan masyarakat dalam pengawasan pemilihan umum sesuai dengan jargon Pemilu RI yakni bersama rakyat awasi pemilu, bersama Bawaslu tegakkan keadilan pemilu,“ kata Panggabean.

Menurutnya, pengawasan partisipatif masyarakat ini akan membantu Panwaslih dalam mengawasi seluruh aspek dan tahapan pemilihan kedepannya. 

Untuk itu diharapkan seluruh elemen masyarakat agar selalu bersinergi dengan pihak Panwaslih Kabupaten Paluta dalam melakukan pengawasan pelaksanaan pemilu. (Wan9)
Editor: Mardan H Siregar

                                                                                    


Komentar