Pelaku Kriminal Di Kota Padangsidempuan, Dilumpuhkan Dengan Timah Panas

Redaksi: Rabu, 15 November 2017 | 18.54.00

Tersangka aksi kejahatan di Kota 
Padangsidimpuan SHP, saat di boyong 
ke Mapolres Kota Padangsidimpuan, 
Rabu (14/11).  (Foto : Riswandy)
TAPSEL| HARIAN9
Personil Polres Padangsidimpuan dari Satuan Reserse Kriminal (Sat Reskrim) Polres Padangsidimpuan mengamankan SHP (25) warga Desa Aek Tuhul, Kecamatan Padangsidimpuan Batunadua Kota Padangsidimpuan yang terlibat dalam aksi kejahatan kasus pencurian di Kota Padangsidimpuan beberapa waktu lalu.

SHP yang telah ditetapkan sebagai tersangka diamankan petugas dari tempat persembunyiannya di Desa Purwodadi, Kecamatan Padangsidimpuan Batunadua Kota Padangsidimpuan, Senin (13/11). Tersangkapun dilumpuhkkan setelah kakinya dihadiahi timah panas oleh senjata petugas karena tersangka mencoba melawan petugas dan mencoba melarikan diri saat hendak ditangkap.

Informasi yang dihimpun di Mapolres Padangsidimpuan, Rabu (15/11), menyebutkan, penangkapan yang dilakukan petugas tersebut berdasarkan laporan polisi Nomor LP: 436/X/2017/SU/PSP tertanggal 28 Oktober 2017 lalu dalam kasus pencurian terhadap toko grosir milik Untung Taringan di Pasar Inpres Padangmatinggi Kecamatan Padangsidimpuan Selatan Kota Padangsidimpuan.

Atas kejadian pemcurian tersebut, korban mengalami kerugian hingga mencapai ratusan juta rupiah, sebab barang dagangan milik korban berupa rokok dan minuman berbagai jenis dan merk serta uang tunai sebesar Rp.40 juta yang merupakan hasil penjuaan ludes digondol tersangka.

Mengetahui tokonya disatroni maling, korban langsung membuat laporan pengaduan ke Polres Padangsidimpuan. Sat Reskrim Polres Padangsidimpuan yang mendapat laporan tersebut langsung membentuk tim dan melakukan penyelidikan.

Setelah mengetahui keberadaan tersangka, petugas langsung menggerebek lokasi persembunyian tersangka. Namun saat hendak ditangkap, tersangka berusaha melarikan diri. Tak ingin buruannya kabur begitu saja, petugas pun memberikan tembakan peringatan, tetapi tembakan peringatan tersebut tidak diindahkan tersangka. Akibatnya, petugas melakukan tembakan terukur yang menembus kaki kiri tersangka hingga akhirnya tesangka tersungkur dan berhasil diringkus,

Setelah diringkus, tersangka langsung dilarikan ke RSUD untuk mengeluarkan proyektil yang bersarang di kaki tersangka dan kemudian tersangka diboyong ke Mapolres Padangsidimpuan untuk menjalani pemeriksaan. Sementara hasil curian berupa susu kaleng cap tiga sapi sebanyak 126 kaleng dan minuman energy M150 sebanyak 106 botol berhasil disita petugas dari tempat persembunyiaan tersangka untuk dijadikan barang bukti.

Kapolres Padangsidimpuan AKBP Andy Nurwandi, S.Ik yang dikonfirmasi melalui Kasat Reskrim  AKP Zul Efendi membenarkan penangkapan tersangka pelaku kejahatan dalam kasus pencurian tersebut. Namun katanya pihaknya masih terus melakukan pengembangan, karena masih ada ada pelaku lain yang ikut dalam komplotan pencurian tersebut.

 “ Untuk menangkap tersangka SHP, anggota kami terpaksa melakukan tindakan tegas dan terukur  dengan menghadiahi timah panas ke kaki tersangka. Karena saat hendak ditangkap, tersangka mencoba melawan petugas dan melarikan diri. Tersangkapun langsung tersungkur usai kakinya ditembus peluru, “ ujar AKP Zul Efendi.

Kasat menambahkan, aksi kejahatan yang dilakukan tersangka bersama komplotannya  sudah berulang kali diakukan dengan sasaran di toko-toko grosir yang ada di Kota Padangsidimpuan, karena barang hasil jarahan gampang terjual.

“Untuk pelaku lainnya, kita masih melakukan pengejaran dan identitas para pelaku juga sudah kita kantongi, tinggal menunggu waktu yang tepat untuk menangkap pelaku lainnya, ” tegas Kasat Reskrim. (Wan9)

                                                                                    




Komentar