Pemerintah Tetap Jaga Momentum Pertumbuhan Ekonomi

Redaksi: Kamis, 09 November 2017 | 21.11.00



JAKARTA| HARIAN9
Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan, realisasi pertumbuhan ekonomi sebesar 5,06 persen pada kuartal III-2017 menjadi catatan positif bagi pemerintah. Ke depan diperlukan upaya agar momentum pertumbuhan terus berjalan.

"Ini menunjukan sesuatu yang sangat positif. Pemerintah tetap akan menjaga agar momentum itu terus berjalan," katanya di Jakarta, Rabu (08/11).

Investasi menjadi sesuatu di luar bayangan Sri Mulyani dengan pertumbuhan di atas 7 persen. Ini menandakan kondisi iklim usaha yang terus terjaga dengan baik.

Sementara itu, konsumsi pemerintah 3,46 persen, konsumsi Lembaga Non Profit Rumah Tangga (LNPRT) sebesar 6,01 persen, ekspor 17,27 persen dan impor sebesar 15,09 persen.

"Dari growth kuartal III yang surprise positif adalah ekspor dan impor yang naiknya angka tinggi. Tadinya kami perkirakan 7-8 persen, tumbuhnya sampai 17 persen. Impor terutama bahan baku juga menunjukan pelaku usaha sangat menggeliat," ujarnya.

Menkeu menyadari ada perlambatan konsumsi meskipun tidak signifikan pada sektor rumah tangga yang masih tumbuh positif dengan realisasi 4,93 persen dibandingkan dengan kuartal sebelumnya.

"Konsumsi rumah tangga yang 4,93 persen kami lihat secara hati-hati. Di satu sisi inflasi sangat rendah. Ini ada satu anomali," jelasnya.

Pemerintah tetap mempelajari dari setiap sudut sehingga menghasilkan kajian beserta solusi komperhensif.

"Itu harus dilakukan dengan desain agar masyarakat bisa langsung menikmati sehingga daya belinya bisa meningkat," ungkapnya. (kemenkeu/03)
Editor: Mardan H Siregar





Komentar