Pemkab Paluta Gelar Pencanangan Kampung KB Tingkat Kabupaten

Redaksi: Jumat, 03 November 2017 | 00.31.00

Ketua DPRD Paluta Mukhlis Harahap Shi didampingi Kadis PPKB Dan P3A Paluta Hakimuddin Siregar pukul gong pertanda diresmikannya pencanangan Kampung KB di Desa Pangarambangan, Kecamatan Halongonan, Kabuoaten Paluta, Kamis (2/11). (Foto: Riswandy)


PALUTA| HARIAN9
Dalam hal mensukseskan program pemerintah terkait Keluarga Berencana (KB), Pemerintah Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) mencanangkan kampung KB serentak untuk 12 Kecamatan yang dipusatkan di Desa Pangarambangan, Kecamatan Halongonan Kabupaten Paluta, Kamis (2/11).

Pencanangan Kampung KB itu ditandai dengan pengguntingan pita dan pemukulan gong oleh Ketua DPRD Paluta Muklis Harahap SHi didampingi Asisten III Pemkab Paluta Anwar Benny Hasugian dan Kadis PPKB Dan P3A Paluta Hakimuddin Siregar dan dihadiri, Ketua DPRD Paluta Mukhlis Harahap Shi, Asisten III Pemkab Paluta Anwar Benni Hasugian, Ketua DWP, PKK Paluta, Kadis PPKB Dan P3A Paluta Hakimuddin Siregar, Danramil 05/PB, Polsek Padang Bolak, SKPD, Camat se-Paluta, tokoh masyarakat dan undangan lainnya.

Kadis PPKB Dan P3A Paluta Hakimuddin Siregar dalam laporanya mengatakan, pencanangan Kampung KB merupakan tindaklanjut arahan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo yang bertujuan agar manfaat pprogram KB dapat lebih dirasakan secara langsung oleh masyarakat, terutama yang berada di wilayah padat penduduk, tertinggal dan wilayah terpencil.

Disebutkannya, 12 desa di Kabupaten Paluta yang dicanangkan sebagai Kampung KB pada tahun ini adalah Desa Simanosor, Kecamatan Padang Bolak, Aek Siala, Kecamatan Portibi, Desa Pulau Liman, Kecamatan Dolok Sigompulon, Desa Simatorkis, Kecamatan Dolok, Desa Paran Gadung, Kecamatan Padang Bolak Julu.

Kemudian, Desa Sidongdong Kecamatan Hulu Sihapas, Desa Batang Onang Baru, Kecamatan Batang Onang, Desa Huta Baringin, Kecamatan Simangambat, Desa Gulangan, Kecamatan Padang Bolak Tenggara, Desa Martujuan, Kecamatan Ujungbatu dan Desa Rondaman Kecamatan Halongonan Timur.

Sementara, Asisten III Anwar Benny Hasugian pada saat menyampaikan sambutan Bupati Paluta Drs H Bachrum Harahap mengatakan, dengan dicanangkannya Desa Pangarambangan sebagai Kampung KB, diharapkan program pemerintah daerah yang lain dapat terlaksana dengan baik.

“Pelaksanaan pembangunan pada seluruh sektor tidak akan berhasil tanpa peran serta dan keterlibatan sektor lain yang terkait. Dalam hal ini, Pemkab Paluta mengapresiasi yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang terkait atas terlaksanannya Pencanangan Kampung KB di Kabupaten Paluta,“ ujarnya.

Dikatakannya, banyaknya nilai positif dan harapan yang didapat melalui program KB tersebut, diantaranya program KB dapat memberikan upaya maksimal dalam pengendalian penduduk dan program KB juga dapat disinergikan dengan pembangunan bidang kesehatan, pendidikan serta kesejahteraan masyarakat.

“Diharapkan, dengan terbentuknya kampung KB ini dapat berkaitan erat dengan pengembangan bidang kependudukan dan pembangunan keluarga dalam upaya meningkatkan kualitas hidup masyarakat,” katanya.

Senada juga disampikan Ketua DPRD Paluta Muklis Harahap Shi, tujuan kampung KB adalah meningkatkan kualitas hidup masyarakat ditingkat kampung melalui program KB agar masa depan anak-anak dapat direncanakan dengan baik. Karena di masa sekarang dimana kebutuhan hidup semakin tinggi, pilihan mengikuti program KB sangat tepat.

Camat Halongonan, M Khaddafi Nasution SSTP juga menyampaikan, suksesnya pencananganan Kampung KB di Desa Pangarambangan ini, tidak lepas dari peran serta kades dan para kader kesehatan, PLKB, serta masyarakatnya yang ikut mendukung.

“Program ini dilaksanakan sebagai salah satu strategi revitalisasi program KB yang bertujuan untuk meningkatkan partisipasi lintas sektor dalam peningkatan keberhasilan KB,” ucapnya. (Wan9)
Editor: Mardan H Siregar 

                                                                                              







Komentar