Pemkab Paluta Peringatan Hari Pahlawan

Redaksi: Sabtu, 11 November 2017 | 07.26.00

Bupati Paluta Drs Bachrum Harahap diwakili Sekdakab Paluta Burhan Harahap SH menyerahkan bantuan tali asih kepada veteran dan janda veteran usai pelaksanaan upacara peringatan Hari Pahlawan Nasional tahun 2017 di halaman Kantor Bupati Paluta, Jumat (10/11).  (Foto: Riswandy)


PALUTA| HARIAN9
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Padang Lawas Utara (Paluta) menggelar upacara memperingati Hari Pahlawan Nasional Republik Indonesia (RI) tahun 2017 di lapangan Kantor Bupati Paluta, Jumat (10/11).

Upacara yang mengangkat tema ‘Perkokoh Kesatuan Membangun Negeri’, dipimpin Inspektur Upacara (Irup) Bupati Paluta Drs Bachrum Harahap diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Paluta Burhan Harahap SH, Komandan Upacara Danramil 05 Padang Bolak Lettu (CZI) Pahlawan Nasution dan Perwira Upacara Danramil Dolok Kapten (Inf) Jungkarnain Siregar.

Dalam upacara tersebut, juga dihadiri Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) 45, LVRI 65, Purnawirawan TNI, Kajari Paluta, Kalapas Gunung Tua, Kemenag Paluta, Dan Kipan C Gunung Tua, Anggota DPRD Paluta, perwakilan Polres Tapsel, jajaran Kodim 0212/TS, Kapolsek Padang Bolak, Persit KCK Paluta, Bhayangkari Paluta, TP PKK Paluta, Dharma Wanita, Adhyaksa Darma Karini, pimpinan SKPD se-Paluta, OKP/Ormas, pelajar serta undangan lainnya, sementara peserta upacara diikuti pasukan TNI, Polri, ASN, OKP, Pramuka dan pelajar.

Upacara diawali dengan pengibaran bendera merah putih oleh anggota Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) dari SMA N 1 Padang Bolak dan pembacaan puisi yang menggambarkan menggelorakan semangat para pahlawan dalam pergolakan  melawan penjajah dan memperjuangkan kemerdekaan RI.

Sekdakab Paluta Burhan Harahap SH saat membacakan teks Pidato Nasional memperingati Hari Pahlawan Nasional Menteri Sosial RI Khofifah Indar Parawansah mengatakan, seperti amanat Bung Karno, bangsa Indonesia harus menghormati jasa pahlawannya. Tanpa pengorbanan dan perjuangan para pahlawan dan perintis kemerdekaan, tidak akan ada gagasan besar untuk mendirikan sebuah negara yang bernama Republik Indonesia.

“Bung Karno pernah menegaskan bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya. Kalimat singkat dari Bung Karno ini memiliki makna yang sangat mendalam bagi kita semua. Tanpa pengorbanan dan perjuangan para pahlawan dan perintis kemerdekaan, tidak akan ada gagasan besar untuk mendirikan sebuah negara yang bernama Republik Indonesia “ katanya.

Ditambahkannya, saat ini adalah saatnya bangsa Indonesia menuntaskan perjuangan para pahlawan untuk membangun bangsa dengan sikap mental positif dan konstruktif. Agar Indonesia menjadi bangsa yang merdeka, maju, berdaulat dan terbuka.

Usai pelaksanaan upacara Sekdakab Paluta Burhan Harahap SH di dampingi Kadis Sosial Paluta Hasbullah Harahap S.Sos menyerahkan tali asih kepada para veteran dan janda veteran serta para pejuang kemerdekaan.

Bupati Paluta Drs Bachrum Harahap diwakili Sekdakab Paluta Burhan Harahap SH mengatakan jika tali asih ini diberikan merupakan bagian dari agenda setiap memperingati Hari Pahlawan Nasional dan HUT Kemerdekaan RI.

“Tali asih ini sebagai bentuk wujud kepedulian Pemkab Paluta kepada para veteran dan janda janda veteran pejuang serta penghormatan pada pendiri dan pendahulu kita yang telah memperjuangkan kemerdekaan,“ katanya, seraya menambahkan, bantuan tersebut diberikan kepada 37 orang veteran dan janda veteran yang ada di wilayah Kabupaten Paluta. (Wan9)
Editor: Mardan H Siregar 

                                                                                  







Komentar