Pemkab Tapsel Raih Penghargaan Pengelolaan Keuangan Terbaik Se Sumut Tahun 2017

Redaksi: Rabu, 01 November 2017 | 08.17.00

Bupati Tapsel Syahrul M Pasaribu foto bersama Gubsu HT Erry Nuradi, Kepala Perwakilan BPK RI Medan Vincentia Moli Ambar Wahyuni dan Kakanwil Perbendaharaan Sumut Ditjend Perbendeharaan Kemenkeu Bahtaruddin, usai menerima  penghargaan dalam kinerja pengelolaan keuangan tahun 2017, di Hotel Santika Premier Dyandra, Medan, Selasa (31/10).  (Foto: Riswandy)


TAPSEL| HARIAN9
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tapanuli Selatan (Tapsel) di bawah Kepemimpinan Syahrul M Pasaribu sebagai Bupati Tapsel kembali menunjukan prestasinya. Kali ini Kabupaten Tapsel yang dikenal sebagai daerah potensial itu, kembali menyabet penghargaan dan terbaik pertama dari 33 Kabupaten/Kota se Sumut dalam kinerja pengelolaan keuangan tahun 2017.

Penghargaan terbaik itu diserahkan oleh Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Perbendaharaan Sumut Ditjend Perbendaharaan Kementrian Keuangan (Kemenkeu), Bahtaruddin, di Hotel Santika Premier Dyandra, Medan, disaksikan Gubernur Sumut HT Erry Nuradi dan Kepala Perwakilan BPK RI Medan Vincentia Moli Ambar Wahyuni, Selasa (31/10)

Bupati Tapsel Syahrul M Pasaribu melalui Kepala Bagian (Kabag) Humas dan Protokol Setdakab Tapsel Isnut Siregar mengatakan, ada sejumlah indikator untuk mendapatkan penghargaan tersebut, diantaranya, pengelolaan keuangan dan asset dimana Pemkab Tapsel sudah menggunakan aplikasi web atau daring (online). 

Kemudian Tapsel memperoleh penilaian atau opini dari BPK-RI dengan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) 3 kali berturut-turut (2014, 2015 dan 2016).

Sisi lain lagi, Tapsel tepat waktu dalam penyampaian laporan keuangan 2017 ke BPK-RI, serta penyerapan APBD sesuai dengan tahapan yang ada, dan sistem transaksi penerimaan daerah melalui non tunai.

Kemudahan akses penyampaian laporan keuangan daerah mulai dari pengganggaran, pelaksanaan anggaran sampai pelaporan keuangan daerah ke Kemenkeu dari dan terintegrasi, kemudian kriteria kinerja yang terdiri dari kinerja-kinerja keuangan, kinerja-kinerja pendidikan dan kinerja-kinerja ekonomi dan kesejahteraan, serta daerah yang mampu menetapkan Perda APBD secara tepat waktu setiap tahunnya.

“Kriteria ini telah berhasil kita laksanakan, sehingga Pemkab Tapsel meraih penghargaan dan terbaik pertama dari 33 Kabupaten/Kota se Sumut dalam kinerja pengelolaan keuangan tahun 2017," sebutnya.

Bupati mengatakan, seluruh capaian prestasi tersebut tidak lepas dari pada peran serta dan dukungan positif dari seluruh stakeholder termasuk OPD, staf dan tentunya juga kepada masyarakat Tapsel.

“Terimakasih buat semuanya, apresiasi ini harus kita berikan kepada seluruh Tim Pengelola Anggaran Daerah (TPAD) Pemkab Tapsel yang juga telah bekerja keras meraih predikat ini, “ tegasnya.

Bupati juga meminta seluruh SKPD untuk bekerja keras, bagaimana untuk tahun depan prestasi ini bisa kita tingkatkan atau minimal dapat dipertahankan. 

“Prestasi ini ke depan agar kita tingkatkan, sehingga pembangunan dan pelayanan publik di kabupaten Tapsel akan semakin baik,” tandasnya. (Wan9)
Editor: Mardan H Siregar




Komentar