Penyerapan Informasi Pertanian Oleh Tim Kajida Wantannas

Redaksi: Rabu, 01 November 2017 | 07.13.00

(Foto: Sis24)

JEMBER| HARIAN9 
Sebagai bagian dari rangkaian kegiatan Tim Kajida yang akan membuat kanian daerah menyangkut kegiatan ipoleksosbud hankam di wilayah Kabupaten Jember pada Selasa (31/10/2017) Pukul 11.30 WIB Tim Kajida menemui kelompok petani padi, jagung, kedelai, cabe, tembakau dan lain-lain.

Bertempat di Gudang Tembakau milik HM Songtjai pertemuan antara Tim Wantannas dengan para petani tersebut antara lain  Kepala Dinas Pertanaman Pangan dan Perkebunan Ir Maskur, Kabag Humas Pemkab Jember Joko Soponyono, Muspika Arjasa, dihadiri oleh 157 orang baik dari kelompok tani padi, jangung, kedelai, cabe dan tempakau yang merupakan komoditi-komoditi andalannya pertanian Jember.

Acara diawali dengan sambutan HM Songtjai yang menyampaikan ucapan selamat datang kepada Tim Kajida selanjutnya diberikan waktu menyampaikan keluhan, permasalahan dan informasi kepada para petani, dari berbagai pertanyaan yang disampaikan rata-rata para petani mengeluhkan kurang perhatian pemerintah terhadap pertanian, seperti yang disampaikan H Jumantoro ketua HKTI Jember maupun Ketua KTNA Jember Sucipto yang berharap agar pemerintah lebih memperhatikan pertanian sebagai negara agraris.

Mereka rata-rata mengeluhkan adanya keterbatasan persediaan pupuk maupun saprodi lainnya yang benar-benar dibutuhkan petani, kemudian harga HPP pada masing-masing komoditi baik padi, jagung, kedelai ini dinilai masih terlalu rendah, kebijakan di bidang pertanian diharapkan difokuskan pada perbaikan kualitas lahan, sehingga kalau lahannya bagus produktifitas dan kualitas komoditi yang dihasilkanpun akan bagus untuk mewarisi generasi penerus kita.

Kemudian ada upaya bagaimana saat harga melambung terlalu tinggi kemudian bagaimana mengatisipasi kalau harga anjlok, seperti yang terjadi pada komoditi cabe misalnya kalau harga melambung semua turun tangan untuk menyikapinya, namun saat harga anjlok tidak ada yang mencarikan solusi, karena kalau harga cabe sudah anjlok dilapangan cabe itu membludak sehingga perlu mungkin diarahkan untuk dijadikan caosh atau bahan produksi lainnya sehingga masih memiliki nilai ekonomis.

Menyikapi berbagai keluhan tersebut Tim Kajida dari wantannas RI yang diwakili Brijen TNI Syafi’ul, MBA menyampaikan terima.kasihnya kepada para petani sekalian dan salam hormat kepada para petani lainnya, karena yang disini ini tentunya perwakilannya saja, untuk itu apa yang telah disampaikan kepada kami informasi maupun aspirasi tersebut akan kita kaji dan kita sampaikan ke Presiden RI untuk dasar atau referensi dalam mengambil keputusan tingkat pusat.

Selanjutnya Tim Kajida juga menyampaikan terima kasih kepada HM Songtjai yang telah menfaailitasi tempat dan lain-lain ini, semoga apa yang kita lakukan ini benar-benar mampu menjadikan masukan untuk kesejahteraan kita semua Bangsa Indonesia.

Mengikapi hal tersebut Komandan Kodim 0824 yang turut mendampingi kegiatan Tim Kajida tersebut menyampaikan terima kasih kepada para kelompok tani yang hadir, semoga apa yang telah disampaikan aspirasi maupun informasinya tadi dapat menjadikan bahan kajian Tim sebagai masukan kepada pemerintah pusat. (Sis24)
Editor: Mardan H Siregar





Komentar