Peringati Hari Pahlawan, Pemko Padangsidimpuan Santuni Veteran

Redaksi: Sabtu, 11 November 2017 | 23.34.00

Mewakili Dandim 0212/TS menyerahkan santunan  tali asih kepada pejuang veteran dan janda veteran usai upacara peringatan Hari Pahlawan 10 November di lapangan HM. Nurdin Kota Padangsidimpuan, Jum,at (10/11). (Foto: Riswandy)


PADANGSIDIMPUAN| HARIAN9
Memperingari Hari Pahlawan 10 November tahun 2017, Pemerintah Kota Padangsidimpuan memberikan santunan tali asih kepada para pejuang veteran di Kota Padangsimpuan yang diserahkan oleh Walikota Padangsidimpuan diwakili Sekdakota Drs. H. Zulpeddi Simamora, MM usai upacara peringatan Hari Pahlawan di Lapangan HM. Nurdin Kota Padangsidimpuan, Jumat (10/11).

Dalam penyerahan santunan tali asih tersebut, Sekdakota Drs. H. Zulpeddi Simamora, MM, mengajak semua elemen masyarakat untuk meningkatkan pengabdian dengan jiwa dan nilai kepahlawanan dan menjadikan acuan dalam membangun Kota Padangsidimpuan yang lebih sehat maju dan sejahtera.

Zulpeddi menyebutkan, peringatan hari pahlawan dapat dijadikan sebagai momentum dalam rangka menumbuhkembangkan nilai-nilai persatuan, kepahlawanan, keperintisan dan kesetiakawanan sosial.

“Peringatan Hari Pahlawan selalu menjadi penting, sebagai salah satu bentuk penghargaan atas jasa dan pengorbanan para pahlawan dan pejuang untuk mewujudkan kemerdekaan dan menjaga tetap utuhnya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” jelasnya.

Hari Pahlawan yang mengambil tema ‘Perkokoh Persatuan Membangun Negeri’, yang maknanya  kita harus bersatu terebih dahulu untuk bisa memasuki tahapan bernegara, selanjutnya berdaulat, adil dan makmur dan semangat kebangsaan kita yang juga kita kenang hari ini adalah sebuah nasionalisme yang dilandasi oleh kemanusiaan universal bukan nasionalisme yang sempit.

“Langkah besar dan semangat kepahlawanan para pendiri bangsa itulah yang perlu didiseminasikan. Untuk itu, marilah momentum ini kita jadikan satu langkah baru untuk membangun keyakinan dan optimisme kita sebagai warga bangsa untuk dijadikan landasan revolusi karakter bagi bangsa Indonesia menjadi negara maju dan bermartabat,“ paparnya. 

Sebelumnya, upacara dipimpin Inspektur Upacara (Irup) Walikota Padangsidimpuan diwakili Sekdakota Drs. H. Zulpeddi Simamora, MM, Komandan Upacara Dan Ramil 11 Pintu Padang Kapten Inf. Marasaman Siregar,  sedangkan pembaca teks UUD 1945 Sertu Yusdianto Ginting dari Yon 123/RW.

Walikota yang membacakan amanat Menteri Sosial RI Khofifah Indar Parawansah mengatakan, bangsa Indonesia harus menghormati jasa pahlawannya. Tanpa pengorbanan dan perjuangan para pahlawan dan perintis kemerdekaan, tidak akan ada gagasan besar untuk mendirikan sebuah negara yang bernama Republik Indonesia.

“Bung Karno pernah menegaskan bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya. Kalimat singkat dari Bung Karno ini memiliki makna yang sangat mendalam bagi kita semua. Tanpa pengorbanan dan perjuangan para pahlawan dan perintis kemerdekaan, tidak akan ada gagasan besar untuk mendirikan sebuah negara yang bernama Republik Indonesia,“ katanya.

Ditambahkannya, saat ini adalah saatnya bangsa Indonesia menuntaskan perjuangan para pahlawan untuk membangun bangsa dengan sikap mental positif dan konstruktif. Agar Indonesia menjadi bangsa yang merdeka,maju, berdaulat dan terbuka.

Terpisah, Kepala Bagian (Kabag) Kesejahteraan Masyarakat (Kesra) Ery Silvana, SSTP selaku panitia Hari Pahlawan melaporkan, selain upacara Hari Pahlawan yang dilaksanakan di stadion HM Nurdin, juga dilakukan ziarah di Taman Makam Pahlawan Padangsidimpuan dan pemberian tali asih kepada veteran dan janda veteran.

“Pemberian santunan tali asih kepada veteran pejuang tidak hanya dilakukan pada hari pahlawan tapi juga dilakukan setiap saat sehingga menjadi wahana pelestarian nilai kepahlawanan, keperintisan dan kesetiakawanan sosial,“ ujar Ery. (Wan9)
Editor: Mardan H Siregar 

         


Komentar