Pintu Penguras Irigasi Batang Ilung Jebol, Petani Terancam Gagal Tanam

Redaksi: Jumat, 17 November 2017 | 07.55.00



Kondisi Pintu Penguras Air Saluran Batang Ilung yang jebol, menyebabkan petani khawatir akan gagal tanam, Kamis (16/11). (Foto : Riswandy)

PALUTA| HARIAN9
Pintu Penguras II Saluran Induk Irigasi Batang Ilung yang berada di Desa Pagaran Singkam berbatas dengan Desa Hambiri, Kecamatan Padang Bolak, Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) mengalami kerusakan cukup parah dan dalam kondisi jebol. Akibatnya, air untuk keperluan persawahan warga tidak dapat dialirkan dengan sempurna sebagaimana mestinya.

Seorang petani ‎bermarga Siregar, Kamis (16/11) menuturkan, jebolnya dasar pintu penguras ini terjadi sejak Rabu, (15/11) sekira pukul 22.00 Wib akibat meluapnya sungai Batang Ilung disebabkan curah hujan yang cukup tinggi beberapa waktu hari.

“ Dengan jebolnya pintu penguras irigasi ini akan membuat para petani akan terancam gagal tanam apa lagi saat ini dirinya dengan petani lainnya sedang bersiap-siap untuk memasuki masa tanam, “ ujar Siregar

Sementara Kepala Desa Pagaran Singkam, Parulian Harahap mengungkapkan kekhawatirannya atas kondisi pintu penguras iigasi Batang Ilung yang jebol, apalagi para petani di desanya sudah bersiap-siap untuk menanam padi karena jadwal pola tanam sudah ditentukan.

“ Tentu para petani khawatir, takut akan gagal tanam. Sebab air yang akan mengairi sawah kami sudah tidak sempurna karena pintu air yang sudah jebol dan saat ini warganya sudah banyak yang mengeluh karena sudah dua kali musim tanam tidak bersawah sehingga persediaan beras semakin menipis, “ katanya.

Ketua KTNA Paluta Ginda Harahap diminta tanggapan tentang rusaknya pintu penguras irigasi Batang Ilung tersebut mengatakan, pada waktu rehab irigasi baru-baru ini, dirinya sempat melakukan protes kepada pihak rekanan agar memperhatikan dengan benar-benar apa saja yang mau direhab sebab katanya di beberapa titik masih banyak saluran induk irigasi Batang Ilung yang perlu diperbaiki.

Terpisah, Soleh Hasibuan, Kepala Unit Pelaksana Lapangan (UPL) daerah Irigasi Batang Ilung di Kabupaten Paluta yang dikonfirmasi terkait jebolnya pintu penguras ini mengatakan, untuk sementara pihaknya akan melakukan penanggulangan darurat, menunggu diajukan anggaran dana tahun 2018.

“ Jebolnya dasar pintu penguras irigasi ini, sudah disampaikan kepada PPK Sumber Daya Air, Cipta Karya dan Tata Ruang Provinsi Sumatera Utara (Sumut) untuk segera di tindaklanjuti, “ terang Soleh. (Wan9)

                                                                                   


Komentar