Puluhan Rumah di Tapsel Terendam Banjir

Redaksi: Kamis, 09 November 2017 | 09.27.00

Anggota Polres Tapsel yang bertugas sebagai Babinkamtibmas Desa Hapesong Baru Aiptu Subroto  anggota TNI dan Kecamatan melakukan patrol waspada banjir di lokasi banjir di Dusun Suka Maju Desa Hapesong Baru Kecamatan Batangtoru Kabupaten Tapsel, Rabu (8/11). (Foto: Riswandy)

TAPSEL| HARIAN9
Puluhan rumah yang dihuni ratusan jiwa di Dusun Suka Maju Desa Hapesong Baru Kecamatan Batangtoru Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) terendam banjir, akibat meluapnya sungai Batangtoru yang disebabkan hujan yang terus menerus, Rabu (8/11).

Akibat luapan sungai Batangtoru yang menggenangi rumah warga dengan ketinggian air mencapai rata-rata satu meter itu mengakibatkan 68 Kepala Keluarga (KK) yang dihuni 227 jiwa dari total 74 KK yang ada di Dusun tersebut terpaksa harus mengungsi ke tempat aman.

Anggota Kepolisian Resor (Polres) Tapsel dari Babinkamtibmas Desa Hapesong Baru Aiptu Subroto yang turun ke lokasi banjir menyebutkan, air yang menggenangi rumah warga terjadi sejak pukul  07.30 WIB, akibat luapan sungai Batangtoru yang disebabkan hujan terus menerus seharian.

“Selama banjir masih menggenangi rumah warga kita dari Babinkamtibmas langsung melakukan himbauan untuk waspada sekaligus melakukan patroli rumah ke rumah, manakala masih ada warga yang masih tinggal di rumah yang kondisinya sudah terendam banjir untuk mengungsi sementara,“ ujar Aiptu Subroto.

Sementara Camat Batangtoru M Yamin Batubara mengatakan, curah hujan yang tinggi sejak beberapa hari ini terjadi di wilayah Tapsel khususnya di Kecamatan Batangtoru menyebabkan sungai Batangtoru meluap dan menggenangi rumah warga.

“Sekarang kami masih melakukan pendataan terhadap rumah warga yang terkena banjir dan tidak ada korban jiwa dalam musibah banjir ini,“ ujar Camat seraya mengimbau seluruh warga agar meningkatkan kewaspadaanya terhadap banjir susulan, karena curah hujan cukup tinggi.

Terpisah, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tapsel Ibrahim Lubis melalui Sekretaris Umar Halomoan Daulay, S.Pd membenarkan banjir yang merendam puluhan rumah warga di Batangtoru tersebut.

“Banjir yang terjadi akibat luapan sungai Batangtoru disebabkan hujan deras semalaman yang menerpa wilayah Kecamatan Batangtoru dan banjir tersebut merupakan banjir musiman bila hujan deras menerpa wilayah tersebut,“ ujar Umar.

Disebutkannya, hingga saat ini Pemkab Tapsel melalui BPBD Tapsel telah melakukan koordinasi dengan pihak Kecamatan, serta instansi untuk melakukan pendataan terhadap kerusakan dan kerugian akibat bencana banjir serta langkah-langkah dan upaya yang dilakukan nantinya. (Wan9)
Editor: Mardan H Siregar











Komentar