Ribuan Pelari Ikuti Lomba Lari 10 K HUT Tapsel Ke 67

Redaksi: Senin, 20 November 2017 | 05.47.00

Wakil Bupati Tapsel Ir. H Aswin Efendi Siregar MM, Ketua KONI Tapsel, pimpinan SKPD foto bersama sebelum pelaksanaan lomba lari 10 K yang diikuti pelajar dan umum se Tabagsel dalam rangka memeriahkan HUT Kabupaten Tapsel ke-67 tahun 2017, yang berlangsung di Sipirok, Sabtu (18/11). (Foto: Riswandy) 


TAPSEL| HARIAN9
Lebih dari seribu pelari ikuti lomba lari 10 K kategori pelajar SMA, SMP dan umum, memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) ke-67 tahun 2017, yang berlangsung di Sipirok dan dipandu Pengurus Kabupaten (Pengkab) Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Tapsel,  Sabtu (18/11). 

Perlombaan lari 10 K ini dilepas dengan bendera start oleh Wakil Bupati Tapsel Ir. H Aswin Efendi Siregar MM dari garis start di depan Makam Pahlawan Sipirok dan finish di halaman Kantor Bupati Kilang Papan Dano Situmba Sipirok, dihadiri Kepala Dinas Pariwisata Daerah Kabupaten Tapsel Ali Akbar Hutasuhut, para pimpinan SKPD, KONI Tapsel, PASI Tapsel dan penggemar olah raga lari.

Dikatakannya, sebelum melepas para peserta lomba, selain untuk memeriahkan HUT Tapsel ke-67 tahun 2017, perlombaan ini juga bertujuan untuk mencari bibit-bibit pelari Tapsel yang merupakan salah satu gudang atlit lari di Sumut.

Disebutkannya, di era 80 an, Kabupaten Tapsel pernah memiliki atlit handal untuk kategori lari jarak menengah untuk tingkat nasional dan internasional seperti Parluatan Siregar dan Irwan Pulungan, dll. 

Mereka itu merupakan putra dari desa terpencil yang pada masa itu belum di lintasi kenderaan karena kondisi insfrastruktur jalan yang belum ada ke desa. 

Dengan kegigihan mereka, untuk bersekolah pun yang jaraknya cukup jauh dari desa, mereka setiap pagi pergi hingga pulang ke rumah harus berlari melintasi lereng dan lembah bukit tanpa alas kaki serta tas sekolah yang dijinjing, yang akhirnya mereka sukses dalam belajar dan mampu menjadi atlit nasional bahkan tingkat internasional.

“Kita harus dapat mencontoh keuletan dari kedua mantan atlit Tapsel tersebut, sehingga kita bias sukses ke duanya baik itu belajar maupun sebagai atlit,“ katanya.

Dipesankannya, agar adik-adik maupun para pelajar yang gemar olahraga lari untuk mempersiapkan diri lebih dini, karena kita bangga dengan prestasi para senior-senior adik-adik  yang pernah sukses di cabang olah raga lari ini.

“Yakinlah Pemkab Tapsel tetap memperhatikan atlit Tapsel yang berprestasi. Jangan ragu dalam meraih prestasi, karena kita sama-sama yakin bahwa atlit Tapsel pasti bisa bila serius untuk berlatih, “ ujarnya.

Sementara ketua panitia lomba lari 10 K Akbar Hutasuhut melaporkan, lomba lari 10 K kategori pelajar SMA, SMP dan umum, tersebut digelar dalam rangka memeriahkan HUT Tapsel ke-67 tahun 2017, yang total jumlah peserta sebayak 1070 orang terdiri dari kategori pelajar SMA sebanyak 513 peserta (286 Pa dan 227 Pi), kategori pelajar SMP sebanyak 369 peserta (242 Pa dan 127 Pi) serta kategori umum 188 peserta (127 Pa dan 61 Pi).

“Lomba 10 K ini diikuti peserta dari Kabupaten/Kota se-Tapanuli Bagian Selatan (Tabagsel) dan jumlah peserta tahun ini mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya yang hanya diikuti sebanyak 773 pelari,“ pungkasnya. (Wan9)
Editor: Mardan H Siregar 

                                                                                              



Komentar