Screening Katarak Bakti Sosial TNI Operasi Gratis Katarak 2017

Redaksi: Selasa, 21 November 2017 | 19.06.00

Ratusan pasien yang mendaftar dengan didampingi oleh Babinsa melaksanakan screening bergiliran di RS Baladhika Husada (DKT) Jember. (Foto: Sis24)

JEMBER| HARIAN9
Bakti Sosial Operasi Katarak Gratis yang akan dilaksanakan pada 30/11 hingga 04/12 merupakan program kegiatan kerjasama antara Kementrian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) dengan TNI dalam rangka mewujudkan percepatan penurunan kebutaan akibat katarak di Indonesia.

Tahapan yang sedang berjalan pada Selasa (21/11/2017) mulai Pukul 07.00 WIB terkait dengan Bakti Sosial TNI Operasi Katarak tersebut memasuki tahapan screening bagi penderita yang sedah terdaftar sebagai bagian dari penentuan kondisi pasien layak dioperasi atau tidak.

Ratusan pasien yang mendaftar dengan didampingi oleh Babinsa melaksanakan screening bergiliran di RS Baladhika Husada (DKT) Jember, Mayor Ckm Sunarji  ketua panitia di RS DKT Jember saat dikonfirmasi menjelaskan bahwa dokter yang melaksanakan screening adalah Dr Heny, Sp.M, dr Chaidar, dr Nita dan dr Cristian.

Pada tahapan screening tersebut memang tidak kesemuanya terekomendasi dapat dilaksanakan operasri katarak, karena ada penderita yang gula darahnya tinggi, ada yang tensinya tinggi dan lain-lain yang tentunya sangat membahayakan kalau dilanjutkan pada tahap operasi.

Untuk Bakti Sosial TNI Operasi Gratis Katarak ini dilaksanakan secara serentak diseluruh Indonesia dan Jawa Timur sendiri dilaksanakan diantaranya di Malang dan di Jember, sedangkan untuk di Jember sendiri ditunjuk sebagai Rumah Sakit rujukannya adalan RS DKT Jember dan RS Bina Sehat Jember.

Sedangkan yang dilaksanakan di Kabupaten Jember nantinya adalah penderita asal dari Kab.  Banyuwangi, Kab. Jember, Kab. Bondowoso, Kab Situbondo dan Kab. Lumajang, sedangkan pelaksanaan tahap screening dapat dilakukan di RS DKT Jember, Puskesmas yang sudah ditunjuk dan RS Bina Sehat Jember.

Kepala Rumah Sakit Baladhika Husada Jember atau lebih dikenal dengan RS DKT Jember Letkol Ckm dr Masri Sihombing  dalam konfirmasinya juga menyatakan bahwa dirinya beserta seluruh paramedic siap mendukung pelaksanaan Bakti Sosial TNI Operasi Gratis Katarak ini, termasuk sarana dan prasarana pendukung sudah kami siapkan.  

Menyikapi kegiatan tersebut Komandan Kodim 0824 Jember sebagai salah satu tuan rumah pelaksanaan Bakti Sosial TNI operasi Gratis ini dalam konfirmasinya menyatakan bahwa dirinya beserta jajarannya sangat mendukung sekali dan setiap tahunnya Kodim 0824 Jember ini selalu melaksanakannya bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Jember dan pihak sponsor lainnya.

"Bahkan Babinsa kami sangat terlatih untuk merekrut pendeita bahkan melaksanakan screening awalpun sudah mendapat pembekalan sejak lama sehingga pelaksanaan kegiatan seperti ini sudah terbiasa sekali, mereka berpengalaman sekali menjadi relawan seperti itu," tegas Letkol Inf Rudianto. (Sis24) 
Editor: Mardan H Siregar 




Komentar