Sebanyak 62 Karyawan Tambang Emas Martabe Peroleh Sertifikat Peningkatan Keahlian

Redaksi: Rabu, 08 November 2017 | 06.58.00

Karyawan Tambang Emas Martabe yang menerima sertifikat peningktan kehalian, foto beersama dengan perwakilan manajemen PT Agincourt Resources dalam acara Process Operations Operators Certification Ceremony 2017. (Foto : Riswandy)


TAPSEL| HARIAN9
PT Agincourt Resources, pengelola Tambang Emas Martabe kembali menunjukkan komitmen pemberdayaan karyawan lokal dari 15 desa di lingkar tambang, yang salah satunya melalui pemberian sertifikat peningkatan keahlian kepada 62 karyawan lokal di pabrik pengolahan emas, dalam acara Process Operations Operators Certification Ceremony 2017, Senin (6/11/2017)

Presiden Direktur PT Agincourt Resources Tim Duffy menyatakan sebanyak 62 karyawan lokal tersebut telah lulus uji praktik dan teori serta dinyatakan kompeten. Selain menerima sertifikasi, mereka juga mendapatkan promosi.

“ Kami mengucapkan selamat dan sangat bangga kepada seluruh karyawan penerima sertifikat atas dedikasi, kerja keras dan komitmennya. Kesuksesan Tambang Emas Martabe sangat bergantung pada kontribusi para karyawan, ” ujar Tim Duffy.

Dikatakannya, pemberian sertifikat peningkatan keahlian kepada karyawan ini merupakan penyerahan tahap II, dimana pada tahun ini terdapat 12 karyawan lokal di level operator trainee yang dipromosikan ke level operator 1 dan 41 karyawan lokal level operator 1 yang naik ke level operator 2.

Selain itu, Tambang Emas Martabe juga mempromosikan dua orang operator di ruang pengolahan emas (gold room) dan dua orang dari day crew untuk menduduki posisi leading hands, serta  lima orang operator ke level senior operator.

“ Karyawan lokal yang mendapatkan promosi ini bekerja di bagian crushing & reclaim, grinding & classification, carbon in leach, desorption & regeneration, water polishing plant, day crew dan gold room, “ katanya.

Tim Duffy juga berterima kasih kepada para staf pengawas di bagian area processing (operasi proses), pengolahan emas Tambang Emas Martabe yang telah berupaya keras melatih para operator ini ke tingkat dan standar yang lebih tinggi dari yang mereka miliki sebelumnya. Karena menurutnya, alih pengetahuan dan teknologi bagi karyawan lokal di Tambang Emas Martabe telah berjalan dengan sangat baik.

Tahun lalu, Tambang Emas Martabe memberikan sertifikat kepada 58 karyawan lokal yang bekerja di pabrik pengolahan emas. Seluruh karyawan lokal tersebut telah bergabung dengan Tambang Emas Martabe sejak 2012 dan berstatus sebagai karyawan latih.

Hingga akhir September 2017, ada sekitar 1.580 karyawan lokal yang bekerja di Tambang Emas Martabe. Jumlah ini mewakili 72,01% dari total tenaga kerja di Tambang Emas Martabe yang mencapai lebih dari 2.900 orang.

“ Kami berkomitmen untuk mempekerjakan sedikitnya 70% tenaga kerja dari masyarakat sekitar tambang dan membinanya agar memiliki kemampuan dan keahlian yang bisa dibanggakan. Kami juga berharap para karyawan terus mengembangkan kemampuan mereka tanpa ada batasan, ” tuturnya. (Wan9)


Komentar