Selama Operasi Zebra Toba 2017, Unit Lantas Polsek Padang Bolak Tilang 350 Kenderaan

Redaksi: Jumat, 17 November 2017 | 07.42.00

Unit Lantas Polsek Padang Bolak saat melakukan operasi Zebra Toba 2017 di wilayah hukum Polsek Padang Bolak beberapa waktu lalu. (Foto: Riswandy)


PALUTA| HARIAN9
Selama 14 hari pelaksanaan Operasi Zebra Toba 2017 yang digelar di wilayah hukum Kepolisian Sektor (Polsek) Padang Bolak Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta), Unit Lalu Lintas (Lantas) Polsek Padang Bolak berhasil menjaring dan menilang 350 kendaraan yang melakukan pelanggaran.

Kasat Lantas Polres Tapsel AKP Muri Yasnal SH dikonfirmasi melalui Kanit Lantas Padang Bolak Ipda Eka Wahyudi, Kamis (16/11) mengatakan, sebanyak 350 pengendara yang terjaring dalam razia selama 14 hari itu karena sejumlah pelanggaran.

“ Sejak digelarnya Operasi Zebra Toba dari tanggal 1 dan hingga 14 November 2017, sebanyak 350 surat tilang dikeluarkan oleh Unit Lantas Padang Bolak. Sementara dua kasus Laka Lantas yang terjadi menyebabkan dua orang meninggal dunia, “ ujar Ipda Eka Wahyudi.

Ia menambahkan, semua pengendara yang kena tilang saat Operasi Zebra sudah diserahkan kepada pemilik kenderaan setelah menyelesaikan administrasi dan pembayaran denda tilang melalui “BRIVA” sesuai dengan aturan yang berlaku.

Menurut Ipda Eka, ada beberapa faktor yang menjadi target dalam razia kali ini yakni pengendara yang saat berkendara tidak menggunakan helm, mobil barang bak terbuka yang membawa penumpang, penemudi tidak memakai sabuk pengaman, pengendara tidak memiliki SIM, STNK, serta kenderaan yang tidak memasang lampu pada siang hari serta pelanggaran lainnya.

“ Sasaran kita semua kendaraan yang melanggar, baik sepeda motor maupun mobil serta beberapa faktor penyebab terjadinya kecelakaan. Sementara pengendara serta jenis kenderaan yang paling banyak melakukan pelanggaran adalah pengendara sepeda motor yang tidak memakai helm dan tidak memiliki SIM, “ katanya.

Untuk Laka Lantas yang terjadi selama Operasi Zebra Toba berlangsung yakni Laka Lantas yang terjadi disimpang Nagasaribu, mengakibatkan seorang pejalan kaki meninggal dunia akibat ditabrak sepeda motor dan Laka Lantas yang terjadi di Desa Situmbaga, Kecamatan Halongonan Timur menyebabkan pengendara sepeda motor jenis Mega Pro meninggal dunia setelah tabrakan dengan truck. (Wan9)




Komentar