Stand PT ANJ Agri Dapat Sanjungan Warga

Redaksi: Sabtu, 25 November 2017 | 10.47.00

Ketua TP PKK Tapsel Ny. Hj. Syaufia Lina Syahrul saat mengunjungi stand PT ANJ Agri  diterima staf PT ANJ Agri Siais Ridwan H Lubis pada pameran pembangunan memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Tapsel ke 67, Kamis (23/11/2017) malam.  (Foto: Riswandy)

TAPSEL| HARIAN9
Stand pembangunan PT. Austindo Nusantara Jaya (ANJ) Agri menjadi salah satu stand favorit dan banyak dikunjungi warga pada pameran pembangunan memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) ke-67 yang digelar di alun-alun pasar Sipirok Kabupaten Tapsel dan berakhir, Kamis (23/11/2017) malam.

Dari pengamatan, sejak dibukanya stand pameran pembangunan Minggu (19/11) ratusan warga terutama pada malam hari memadati stand ini. Bahkan stand PT ANj Agri ini mendapat sanjungan para pengunjung khususnya selama kegiatan pameran. Bahkan Ketua TP PKK Tapsel Ny. Hj. Syaufia Lina Syahrul dan Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Tapsel Drs. Parulian Nasution juga turut mengunjungi stand PT ANJ Agri tersebut.

Di dalam stand PT.ANJ Agri, selain menampilkan foto-foto kegiatan,  para pengunjung juga banyak mendapatkan berbagai informasi, baik mengenai kegiatan perkebunan, informasi program Corporate Sosial Responsibility (CSR)  yang merupakan program tanggungjawab sosial perusahaan kepada masyarakat khususnya di wilayah kerja PT ANJ Agri Siais Kabupaten Tapsel, juga informasi mengelola usaha perkebunan berbasis ramah lingkungan, informasi terhadap dampak ekonomi kepada masyarakat hingga informasi pengelolalan kawasan konservasi hutan yang dilakukan perusahaan.

Seperti pengakuan seorang pengunjung Isron Siregar (38), sejak dibukanya  stand PT ANJ Agri tersebut, ia selalu mengunjunginya. Menurutnya stand PT ANJ Agri merupakan satu-satunya perusahaan perkebunan di Kabupaten Tapsel yang ikut tampil memeriahkan pameran pembangunan pada Hari Jadi Tapsel ke-67.

Yang patut menjadi perhatian juga, masyarakat maupun kalangan pelajar banyak yang bertanya kepada penjaga stand PT ANJ Agri tentang tata cara mengelola konservasi hutan serta program-program CSR apa saja yang telah dilaksanakan PT ANJ Agri, mengingat perusahaan perkebunan kelapa sawit ini sering menjadi “buah bibir” dikalangan masyarakat karena banyaknya bantuan yang telah diberikan kepada masyarakat sekitar perusahaan.

“ Sebagai warga kita sangat berterimakasih kepada PT ANJ Agri yang telah mendirikan standnya pada kegiatan pameran ini, informasi tentang perkebunan dan pengelolaan ramah lingkungan program konservasi dapat diperoleh dengan mudahnya, semoga ini berkesinambungan dan berkelanjutan, “ ujarnya.

General Manager (GM) PT ANJ Agri Siais Taufan S Sibarani mengatakan, pada pameran ini, PT. ANJ Agri Siais tidak saja memamerkan bagaimanan proses pengolahan sawit dari brondolan, press cake (hasil pemerasan brondolan) yang disebut Nut hingga menjadi kernel produksi dan dipecah lagi menjadi wet kernel hingga menghasilkan CPO, tetapi yang paling utama adalah informasi program kemasyarakatan berupa CSR dan pengelolaan konservasi hutan.

“ Dalam kegiatannya, PT ANJ Agri Siais telah melaksanakan berbagai kegiatan khususnya program CSR yang menyentuh kebutuhan masyarakat di wilayah sekitar perkebunan, diantaranya bidang kesehatan, pendidikan, insfrastruktur,  pengembangan usaha masyarakat local, sosial keagamaan, dll, “ katanya.

Ia menyebutkan, untuk program kesehatan, PT ANJ telah melakukan kegiatan donor darah, sunat massal, pemberian pengobatan gratis kepada masyarakat sekitar perkebunan Puskesmas PT ANJ Agri Siais, dll. Demikian juga bidang social kegamaan, PT ANJ Agri setiap tahunnya melaksanakan safari ramadhan ke desa-desa sekitar sekaligus memberikan santunan kepada anak yatim dan kaum dhuafa.

Untuk program pendidikan, PT ANJ Agri Siais sangat konsen terhadap dunia pendidikan Tapsel dengan memberikan berbagai bantuan pendidikan ke sekolah-sekolah yang ada di sekitar perkebunan, pemberian bea siswa kepada siswa berprestasi, pemberian bantuan honor kepada guru SD Janji Matogu, pembangunan sekolah dan pemberian bantuan buku-buku perpustakaan kepada sekolah-sekolah di sekitar perusahaan.

Sedangkan untuk program pembanguan insfrastruktur dan lingkungan, PT ANJ Agri Siais secara berkesinambungan melakukan perawatan terhadap akses jalan dan membangun berbagai sarana seperti jembatan, pembangunan bronjong, pelestarian lahan konservasi, dll.

“ Program-program itu sebagai bukti bahwa perusahaan merupakan mitra setara dengan masyarakat. Kita berharap melalui pameran ini PT ANJ Agri dapat mempromosikan berbagai kegiatannya di Tapsel, sehingga semakin terjalin kemitraan antara PT ANJ Agri dengan pemerintah dan masyarakat sekitar, “ terangnya.

Pada kesempatan itu, Bupati Tapsel Syahrul M Pasaribu melalui Sekdakab Drs. Parulian Nasution saat meninjau stand pamerann PT ANJ Agri mengatakan, PT ANJ Agri Siais yang merupakan salah satu perusahaan perkebunan swasta terbesar di Tapsel telah memiliki ‘rekam jejak inovasi yang memukau’.

“ PT ANJ Agri telah banyak memberikan manfaat nyata bagi peningkatan ekonomi masyarakat dan pembangunan di sekitar lokasi perkebunan, sehingga memiliki potensi untuk berbuat lebih banyak lagi kepada masyarakat, “ terang Parulian

Parulian juga mengharapkan event ini dapat mengoptimalkan pengenalan dan meningkatkan apresiasi kalangan dunia usaha/investor terhadap potensi, peluang usaha dan investasi di Kabupaten Tapsel.

“ Saya memberikan apresiasi terhadap keberadaan perkebunan PT ANJ Agri di Tapsel, karena dengan promosi ini merupakan gerakan berkelanjutan untuk menjadikan kreativitas sebagai keunggulan kompetitif di sektor pembangunan, perdagangan, pariwisata, pendidikan, kesehatan, dll, “ katanya. (Wan9)


Komentar