Tak Punya KTP, Masyarakat Tak Perlu Cemas Sebagai Pemilih Dalam Pilkada

Redaksi: Rabu, 01 November 2017 | 06.46.00

Ilustrasi

LANGKAT| HARIAN9
Kecemasan warga Kabupaten Langkat, tidak bisa menggunakan hak suara kareta belum memiliki Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP), terjawab sudah. Dipastikan warga bisa mengikuti atau menggunakan hak suara jika usia sudah memenuhi dan memenuhi syarat-syarat tertentu.  

Seperti yang diungkapkan Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Langkat Agus Arifin melalui Komisioner Divisi Program dan Data Tengku Muhammad Benyamin, Selasa (31/10/2017). 

Dirinya menghibau, agar warga tidak cemas jika tidak memiliki E-KTP dalam Pilkada 2018 mendatang. Karena warga masih bisa menggunakan hak suaranya untuk memilih Bupati dan Wakil Bupati. Syaratnya, warga mesti menunjukan surat keterangan dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil. 

"Jadi, jika masyarakat ingin menggunakan hak suara dalam pemilihan nanti, masyarakat bisa menggunakan surat keterangan dari Disdukcatpil, yang menyatakan kalau benar dirinya tercatat sebagai warga Langkat, ," jelasnya. 

Jadi, menurutnya, nanti biar pihak KPUD melalui PPK dan PPS akan melakukan perifikasi data tuk memastikan keabsahan rekom dari Disdukcatpil, jika tidak memiliki E-KTP. 

"Nah, ditinggak kecamatan dan kelurahan, tentunya ada petugas kita disana. Dan jika masyarakat ingin menggunakan hak suara, maka buatlah rekom dari Disdukcatpil atau rekamkan data diri anda," jelasnya. 

Benyamin juga mengatakan, sejauh ini pihaknya tengah menyeleksi petugas Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS). Diharapkan petugas PPK dan PPS, yang terpilih dapat membantu kinerja KPUD dalam mensukseskan Pilkada Langkat. 

"Nantinya PPK dan PPS akan kita bekali pendidikan agar memahami kerjanya. Mari sama-sama kita berikan hak suara kita di Pilkada, nanti," tegas Benyamin, sembari mengajak masyarakat mensukseskan Pilkada Langkat.(hs9)


Komentar