Tiga Komponen Penting Dalam Pencegahan Penyakit

Redaksi: Rabu, 15 November 2017 | 03.38.00


MEDAN| HARIAN9
Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Sumatera Utara Drs Agustama Apt MKes menyampaikan,  ada tiga komponen penting dalam pencegahan penyakit. Hal itu disampaikannnya kepada wartawan  Senin (13/11/2017) di Medan.

Disebutkan, tiga komponen itu adalah kualitas lingkungan, sarana dan prasarana pelayanan kesehatan serta perilaku keluarga. Dari tiga komponen ini,  perilaku keluarga memiliki dampak yang besar dalam pembentukan perilaku individu masyarakat.

“Keluarga juga merupakan pengalaman pertama bagi anak - anak, pendidikan di lingkungan keluarga juga dapat menjamin kehidupan emosional anak untuk tumbuh kembang,” katanya.

Menurutnya, maka,  perlu membudayakan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) di keluarga. Karenanya, di tahun 2017 pemerintah gencar - gencarnya mensosialisasikan program Germas (gerakan masyarakat hidup sehat). Yaitu mensosialisasikan kepada masyarakat agar hidup sehat dengan berolahraga minimal 30 menit sehari, makan sehat, serta tidak merokok.

“Melalui pendekatan Germas ini, kita berupaya membangun kemandirian keluarga dan masyarakat dalam hidup sehat melalui kegiatan promotif dan preventif. Sehingga dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi - tingginya. Dengan begitu, tercipta masyarakat yang produktif dan dapat berperan aktif dalam pembangunan nasional,” pungkasnya.(jae9)

Komentar