Truck Pengangkut Alat Pertanian Terjun Ke Jurang Batu Jomba Tapsel

Redaksi: Senin, 27 November 2017 | 00.29.00

Truck pengangkut alat pertanian yang terjun ke jurang berkedalaman sekira 10 meter di Jalinsum Sipirok-Tarutung, Batu Jomba, Dusun Bulu Payung, Desa Luat Lombang, Kecamatan Sipirok, Kabupaten Tapsel, Sabtu (25/11).  (Foto: Riswandy)


TAPSEL| HARIAN9
Truck pengangkut logistik pertanian dengan nomor polisi BA 8347 EU, terjun ke jurang berkedalaman sekira 10 meter di Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) Sipirok-Tarutung, Batu Jomba, Dusun Bulu Payung, Desa Luat Lombang, Kecamatan Sipirok, Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), Sabtu (25/11).

Informasi yang dihimpun, peristiwa itu berawal ketika truck yang datang dari Kota Padangsidimpuan dengan tujuan Kota Medan melintas di lokasi kejadian, namun naas ban truk yang mengangkut muatan cukup berat itu tersangkut dan terpuruk akibat kondisi jalan yang licin diakibatkan hujan turun.

Air yang saat itu menggenangi jalan membuat sebahagian badan jalan mulai amblas, mengakibatkan sedikit demi sedikit badan jalan yang dilindas truck yang sedang berupaya keluar dari kondisi terpuruk sementara sopir dan kernek truk dibantu warga mencoba menurunkan muatan agar memudahkan truk bisa melewati badan jalan.

Belum lagi sempat muatan diturunkan, tiba-tiba badan jalan sudah amblas dan menyeret truk ke dasar jurang dengan menumpahkan muatan di dasar jurang. Sementara sopir truk yang hingga saat ini belum diketahui identitasnya langsung melarikan diri.

Kapolres Tapsel AKBP M. Iqbal Harahap,S.Ik, M.Si melalui Kasat Lantas Polres Tapsel, AKP Muri Yasnal, SH yang dikonfirmasi, Minggu (26/11) membenarkan peristiwa kecelakaan tunggal tersebut dikarenakan kondisi tanah yang labil, sehingga tidak mampu menahan berat truk yang membawa alat berat pertanian tersebut.

“Faktor hujan juga menjadi salah satu penyebab, karena air mengikis badan jalan, ditambah lagi ruas badan jalan yang sempit, mengingat aliran air terus menggenangi badan jalan, menyebabkan badan jalan terkikis. Untuk sementara kasus ini masih kita selidiki dan meminta keterangan dari sejumlah saksi mata yang melihat langsung kejadian jatuhnya truk pengangku logistic pertanian ke dalam jurang Batu Jomba dan kita juga terpaksa melakukan rekayasa jalan guna menghindari kepadatan kendaraan di Jalinsum tersebut,“ kata Kasat.

Kasat juga mengimbau kepada para pengendara yang melintas di wilayah tersebut agar meningkatkan kewaspadaanya, mengingat badan jalan semakin sempit dan kalau bisa memiilih jalan alternatif lain. (Wan9)
Editor: Mardan H Siregar  

    



Komentar