Walikota dan Pimpinan DPRD Padangsidimpuan Teken MoU KUA-PPAS APBD-P TA 2017

Redaksi: Selasa, 28 November 2017 | 22.24.00

Ketua DPRD Kota Padangsidimpuan Hj. Taty Aryani Tambunan, SH menandatangi dokumen KUA-PPAS APBD-P TA 2017, disaksikan Walikota Padangsidimpuan Andar Amin Harahap, SSTP, M.Si Ketua TAPD Drs. H Zulpeddi Simamora, MM usai Rapat Paripurna di gedung DPRD Kota Padangsidimpuan, Senin (27/11). (Foto: Riswandy)



PADANGSIDIMPUAN| HARIAN9
Setelah melalui tahapan pembahasan oleh Tim Anggaran Eksekutif dan Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kota Padangsidimpuan, Walikota Padangsidimpuan Andar Amin Harahap, SSTP, M.Si bersama pimpinan DPRD Kota Padangsidimpuan menandatangani Nota Kesepakatan tentang Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas dan Plafond Anggaran Sementara (PPAS) Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) Tahun Anggaran (TA) 2017 dalam rapat Paripurna DPRD Kota Padangsidimpuan, yang diawali dengan penyampaian laporan kegiatan Banggar DPRD, di gedung Dewan setempat, Senin (27/11).

Dalam rapat Paripurna yang dibuka dan dipimpin Ketua DPRD Kota Padangsidimpuan Hj. Taty Aryani Tambunan, SH didampingi Wakil Ketua Edi Jurianto dan Mhd Yusuf Nasution, dihadiri Walikota Padangsidimpuan Andar Amin Harahap, SSTP, M.Si, 21 dari 30 anggota DPRD Kota Padangsidimuan, Sekdakota Drs. Zulpeddi Simamora, MM, Sekwan Irfan Bakhri, S.Sos dan pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sejajaran Pemko Padangsidimpuan.

Dalam laporan kegiatan Banggar yang dibacakan oleh juru bicaranya Khoiruddin Nasution, SE menyampaikan, dalam rangka penyusunan APBD-P maka diperlukan KUA yang terlebih dahulu disepakati bersama antara DPRD dengan pemerintah daerah, untuk selanjutnya dijadikan sebagai dasar penyusunan PPAS APBD-P TA 2017.

Dalam konsep nota itu juga disebutkan bahwa kedua pihak antara eksekutif dan legislatif sepakat terhadap KUA APBD-P yang meliputi asumsi-asumsi penyusunan APBD-P TA 2017, serta kebijakan pendapatan belanja dan pembiayaan daerah yang menjadi dasar dalam penyusunan PPAS dan APBD-P TA 2017.

“Dengan ditanda tanganinya MoU tersebut, diharapkan agar pembahasan APBD-P TA 2017 juga dapat cepat diselesaikan sehingga nantinya program pembangunan di Kota Padangsidimpuan dapat terus berjalan lancar dan sesuai dengan keinginan masyarakat,“ jelas Khoiruddin.

Ditambahkannya, setelah dilakukan pembahasan selama seminggu bersama tim anggaran Eksekutif, Banggar mengambil kesimpulan bahwa secara umum sistematika, penyusunan dan teknik penulisan nota kesepakatan dan dokumen KUA-PPAS APBD-P Kota Padangsidimpuan TA 2017 telah memenuhi ketentuan sebagaimana mestinya.

Sementara Walikota Padangsidimpuan  Andar Amin Harahap, SSTP, M.Si dalam sambutannya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh anggota DPRD Kota Padangsidimpuan yang telah bekerja keras bersama dengan tim anggaran Pemko Padangsidimpuan membahas Rancangan KUA-PPAS APBD-P TA 2017

“Kegiatan ini kita laksanakan selain untuk memenuhi amanat ketentuan yang berlaku juga merupakan perwujudan tanggung jawab Pemerintah Daerah dan DPRD Kota Padangsidimpuan terhadap keberlangsungan penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pelayanan masyarakat di Kota Padansidimpuan,“ ujarnya.

Diharapkannya, segala saran dan pendapat yang disampaikan Legislatif dapat dijadikan bahan pertimbangan dan masukan dalam melaksanakan program dan kegiatan yang yang akan dilaksanakan pada tahun anggaran 2017 ini dan kesepakatan ini juga secepatnya bisa dituangkan dalam Perda yang harus disahkan DPRD.

“Terima kasih kepada pimpinan DPRD, anggota dan Banggar yang sudah berperan aktif dan bekerja keras dalam membahas KUA-PPAS ini, semoga kerjasama ini terus berlanjut,“ pinta Walikota.

Usai rapat Paripurna, Ketua TAPD Pemko Padangsidimpuan yang juga Sekretaris Daerah Kota Padangsidipuan Drs. H Zulpeddi Simamora, MM kepada wartawan mengatakan, tentang proyeksi APBD-P TA 2017 sebagaimana dokumen KUA dan PPAS termuat rincian pendapatan, belanja daerah dan pembiyaan daerah yakni, pos pendapatan diproyeksikan sebesar Rp.890.152.493.657.- yang bersumber dari pos Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebesar Rp.120.211.679.947.- dana perimbangan sebesar Rp.682.255.748.000.- serta pedapatan lain-lain yang sah sebesar Rp.87.685.065.710.-

“Dalam penyusunan anggaran nantinya, Pemko Padangsidimpuan tetap mengedepankan prinsip pengelolaan anggaran yang lebih berpihak kepada kepentingan masyarakat dan setelah nota kesepakatan tentang KUA-PPAS ini ditandatangani selanjutnya akan dibawa ke Badan Musyawarah (Banmus) DPRD untuk dibahas,“ papar Zulpeddi. (Wan9).
Editor: Mardan H Siregar  



                                                                                 











Komentar