Anggota Dewan Mangkir, Paripurna APBD-P Kota Padangsidimpuan TA 2017 Tertunda

Redaksi: Rabu, 06 Desember 2017 | 00.12.00

Suasana rapat Paripurna DPRD Kota Padangsidimpuan dengan agenda Pengambilan Keputusan terhadap Ranperda tentang APBD-P Kota Padangsidimpuan TA 2017 yang tertunda pelaksanaannya, Senin (4/12). (Foto: Riswandy)

PADANGSIDIMPUAN| HARIAN9
Akibat sebahagian besar anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Padangsidimpuan mangkir, rapat Paripurna dengan agenda Pengambilan Keputusan terhadap Rancangan Peratura Daerah (Ranperda) tentang Perubahan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (P-APBD) Kota Padangsidimpuan Tahun Anggaran (TA) 2017 tertunda pelaksanaannya, Senin (4/12).

Pantauan HARIAN9, rapat sempat dibuka dan dipimpin Wakil Ketua DPRD Kota Padangsidimpuan Edi Jurianto Harahap, SH besama Wakil Ketua DPRD lainya Mhd. Yusuf Nasution pukul 14.00 Wib, dihadiri Walikota Padangsidimpuan Andar Amin Harahap, SSTP,M.Si, perwakilan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkominda), Sekdakota Drs. H Zulpeddi Simamora, MM, Sekretaris DPRD Irfan Bakhri, para staf ahli Walikota, Asisten, pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) se Pemko Padangsidimpuan SH dan anggota DPRD KOta Padangsidimpuan.

Saat rapat dimulai dan dibuka, anggota dewan yang hadir hanya 11 orang dari 30 anggota dewan, sehingga rapat tidak mencukupi kuorum minimal 2/3 kehadiran anggota dewan. Akhirnya pimpinan sidang menskors sidang hingga jam 15.00 WIB agar mencapai kuorum.

Setelah waktu yang ditentukan lebih 1 jam  habis, pimpinan rapat kembali mencabut skors, namun bukannya anggota dewan semakin bertambah, tetapi semakin berkurang karena ada beberapa orang anggota dewan yang meninggalkan ruang sidang sehingga pimpinan sidang kembali menskors sidang untuk yang ke dua kalinya selama 15 menit.

Sementara Bagian Persidangan pada Sekretariat DPRD Kota Padangsidimpuan mencoba menghubungi anggota dewan lainya untuk dapat hadir para rapat Paripurna dengan agenda Pengambilan Keputusan terhadap Ranperda tentang APBD Perubahan TA 2017, namun diproleh informasi bahwa anggota dewan sedang ke luar kota urusan partai masing-masing.

Setelah rapat kembali dibuka, perwakilan anggota dewan H. Marataman Siregar, SH akhirnya mengusulkan sidang ditunda dan diskor selama dua hari dan usulan tersebut disetujui seluruh anggota dewan yang hadir.

Marataman mengatakan, mengacu pada peraturan DPRD Kota Padangsidimpuan Nomor 1 tahun 2015 tentang Tata Tertib (Tatib) DPRD Kota Padangsidimpuan, pada bagian II tentang pengambilan keputusan pasal 121 ayat 4, apabila kourum sebagaimana dimaksud pada ayat 1 tidak terpenuhi, rapat ditunda paling banyak dua kali dengan masa tenggang waktu masing-masing tidak lebih dari 1 jam.

Kemudian pada ayat 5, apabila pada akhir waktu penundaan rapat sebagaimana dimaksud pada ayat 4 kourum juga belum juga terpenuhi, pimpinan dapat menunda rapat paling lama 3 hari sampai waktu yang ditetapkan oleh Badan Musyawarah (Banmus) DPRD. 

Setelah mendengarkan persetujuan dari anggota dewan, pimpinan sidang mengetok palu untuk menskor sidang dan kembali dilanjutkan pada Rabu (6/12) pukul 09.00 Wib dengan agenda pengambilan keputusan terhadap Ranperda APBD Perubahan TA 2017.

“Atas nama pimpinan DPRD, saya menyampaikan permohonan maaf atas tertundanya sidang Paripurna untuk dilanjutkan pada Rabu (6/12) dan saya minta Sekretariat DPRD untuk mengirimkan surat undangan baru ke masing-masing OPD dan anggota dewan,“ ujar Edi Jurianto.

Usai Paripurna, Walikota Padangsidimpuan Andar Amin Harahap, tidak banyak komentar saat menjawab pertanyaan sejumlah wartawan terkait tertundanya Paripurna pengeshan APBP Perubahan TA 2017 ini.

“Yah…kita tunggu saja, jika memang harus tertunda, karena DPRD yang punya mekanisme dan acara,“ katanya.

Terpisah, Wakil Ketua DPRD Kota Padangsidimpuan Edi Jurianto Harahap, SH menyayangkan ketidakhadiran sebahagian besar anggota DPRD pada rapat Paripurna tersebut, mengingat masih ada beberapa agenda DPRD yang harus diselesaikan.

Dikatakannya, Paripurna tersebut merupakan tupoksi DPRD, apalagi ini untuk kepentingan rakyat dan jadwal Paripurna juga sudah sudah sesuai dengan agenda melalui rapat Banmus DPRD beberapa waktu lalu.

“Saya berharap untuk hari Rabu nanti kiranya anggota DPRD bisa hadir pada rapat Paripurna mengingat masih ada beberapa agenda DPRD yang harus diselesaikan diantaranya R-APBD 2018 dan APBD 2018,“ jelasnya.  (Wan9)
Editor: Mardan H Siregar 





Komentar