Bapaslon Jalur Perseorangan Laporkan KPU Ke Panwaslih

Redaksi: Senin, 04 Desember 2017 | 00.03.00

Pasbalon Bupati dan Wabup Paluta dari Jalur Perseorangan Wildan Siregar dan Hj Sofiatun saat mendatangi kantor Panwaslih Paluta untuk membuat laporan terkait penolakan berkas syarat dukungan calon perseorangan oleh KPU Paluta, Sabtu (2/12). (Foto: Riswandy)


PALUTA| HARIAN9
Kembalikan berkas syarat dukungan dari jalur perseorangan karena dianggap tidak lengkap, Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) Bupati dan Wakil Bupati Paluta Wildan Siregar dan Hj Sofiatun laporkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten  Padang Lawas Utara (Paluta) ke panitia Pengawas Pemilihan (panwaslih) Paluta, Sabtu (2/12).

Rombongan tim Bapaslon Wildan Siregar dan Hj Sofiatun yang didampingi kuasa hukumnya Andi S Harahap SH tiba di kantor Panwaslih Paluta disambut oleh Komisioner Panwaslih Paluta Panggabean Hasibuan dan Musmuliadi Siregar.

Di kantor Panwaslih Paluta, Andi S Harahap SH selaku juru bicara Bapaslon jalur perseorangan Wildan Siregar dan Hj Sofiatun, langsung menyampaikan tujuan kedatangan mereka ke Panwaslih Paluta terkait pengembalian berkas dukungan kliennya yang dikembalikan oleh KPU Paluta dua hari lalu.

Menuruut Andi S Harahap, SH, pihaknya menduga KPU Paluta telah melakukan pelanggaran atas pengembalian berkas syarat dukungan tersebut.karena menurutnya KPU Paluta telah menolak berkas persyaratan kliennya atas dasar PKPU Nomor 3 Tahun 2017 pasal 15.

“Kami berpendapat seharusnya pihak KPU Paluta tidak langsung menolak kliennya, karena berdasarkan pada PKPU Nomor 3 Tahun 2017 pasal 14, KPU Paluta mestinya memberikan waktu dan memfasilitasi pasangan calon untuk melengkapi berkas sebagaimana  dengan yang di tentukan,” ujar Andi.

Ditambahkannya, terkait pengembalian dokumen berkas dukungan persyaratan yang dilakukan  oleh pihak KPU Paluta, mestinya KPU Paluta membuat berita acara penolakan berkas syarat dukungan Bapaslon Wildan Siregar dan Hj Sofiatun sebagai Bacabup dan Bacawabup Paluta Tahun 2018 dari jalur perseorangan.

“Kami menduga adanya dugaan pelanggaran dilakukan oleh KPU Paluta terkait pengembalian berkas syarat dukungan mereka pada saat prosesi penyerahan berkas syarat dukungan ke KPU Paluta,“ jelasnya.

Menanggapi hal tersebut, dua orang Komisioner Panwaslih Paluta Panggabean Hasibuan dan Musmuliadi Siregar  mengatakan akan melakukan kajian di internal di Panwaslih Paluta serta akan melakukan klarifikasi terhadap KPU Kabupaten Paluta terkait laporan tersebut.

Selain itu Panggabean dan Musmuliadi juga menyarankan agar Bapaslon Wildan Siregar dan Hj.Sofiatun membuat laporan secara tertulis dan menyampaikannya paling lambat 14 hari sejak menerima laporan dari Bapaslon.

“Melalui kajian di internal nantinya, Panwaslih akan menyampaikan rekomendasi hasil keputusan Panawaslih terkait laporan dugaan pelanggaran yang dilakukan oleh KPU Paluta,“ tuturnya. (Wan9)
Editor: Mardan H Siregar 










Komentar