Guru Berperan Penting dalam Memajukan Madrasah

Redaksi: Rabu, 06 Desember 2017 | 00.07.00

Menag Lukman Hakim Saifuddin beri sambutan pada Rakernas Perkumpulan Guru Madrasah (PGM) Indonesia Tahun 2017 di Bogor, Selasa (5/12). (Foto: kemenag)


BOGOR| HARIAN9 
Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menegaskan bahwa guru memiliki peranan yang penting dalam perubahan positif yang dialami madrasah. Hal ini ditegaskan Menag ketika memberikan sambutan pada Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Perkumpulan Guru Madrasah (PGM) Indonesia Tahun 2017 di Bogor, Jawa Barat, Selasa (05/12).

"Madrasah-madrasah kita sudah mengalami perubahan-perubahan yang sangat signifikan ke arah yang lebih baik. Madrasah Lebih Baik, Lebih Baik Madrasah bukan lagi sekedar semboyan," ujarnya.

Ia bersyukur karena madrasah tidak hanya mampu mengimbangi sekolah-sekolah umum, tapi juga mampu mengungguli sekolah-sekolah umum. 

"Banyak dari orang tua kita dulu ketika akan mensekolahkan anaknya, madrasah adalah pilihan terakhir. Sekarang banyak orang tua yang menjadikan madrasah sebagai pilihan pertama untuk anaknya," tuturnya.

"Perubahan ke arah yang lebih baik ini terjadi karena jasa bapak ibu sekalian," tambahnya di hadapan 700 orang peserta Rakernas dari seluruh Indonesia.

Dinyatakannya, bahwa Perkumpulan Guru Madrasah (PGM) Indonesia memiliki andil yang cukup besar. Dalam kesempatan tersebut ia menyampaikan rasa syukurnya karena dapat bersilaturahim dengan para guru. Menurutnya, guru adalah profesi yang begitu mulia.

"Adakah profesi yang sama mulianya dengan guru? Menurut saya guru adalah profesi yg mulia," sebutnya. 

Dikatakannya juga, bahwa ia senantiasa menginstruksikan jajarannya di Kemenag untuk membantu para guru.

"Rajin-rajinlah berkomunikasi dgn para pemegang kebijakan di daerah, agar mereka juga memiliki kepedulian yang sama kepada para guru di Indonesia," jelasnya.

Sebelumnya, Ketua Umum DPP PGM Indonesia Agus Ridallah dalam sambutannya mengatakan bahwa PGM Indonesia merupakan mitra strategis Kementerian Agama. Peran PGM Indonesia sebagai fasilitator dalam peningkatan kualitas dan kesejahteraan guru madrasah.

"Sebagai mitra pemerintah, Kami berupaya berjuang untuk meningkatkan kesejahteraan guru madrasah. Kami menyadari masih banyak persoalan-persoalan pendidikan, namun Kami siap membantu pak Menteri untuk meningkatkan kualitas guru madrasa," ujar Agus.

Rakernas yang berlangsung pada tanggal 4-5 Desember 2017 mengusung tema "Mewujudkan Madrasah yang Berkarakter, Menuju Indonesia Cerdas". 

Tampak hadir dalam kegiatan ini Kakanwil Kemenag Provinsi Jawa Barat H. A Buchori beserta jajarannya. (kemenag/03)
Editor: Mardan H Siregar 





Komentar