Hari Terakhir Baksos TNI Operasi Katarak Gratis Bekerjasama Dengan Kemenkes RI

Redaksi: Minggu, 03 Desember 2017 | 22.36.00

Saat ditanyakan bagaimana rasanya dioperasi P Ahmad Jamari menegaskan bahwa operasinya tidak sakit dan saat ditanyakan bagaimana hasilnya, kata dokter saat control tadi nunggu seminggu lagi setelah dilepas perbannya baru ketahuan hasilnya. (Foto: Sis24) 


JEMBER| HARIAN9
Keberadaan Bakti Sosial TNI Operasi Gratis Katarak yang dilaksanakan mulai tanggal Kamis (30/11/2017) hari ini Minggu (03/12/2018) merupakan kerjasama Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan TNI AD melalui Pusat Kesehatan Angkatan Darat (Puskesad).

Dari prosesi rapat koordinasi yang dilaksanakan (15/11/2017) hingga screening yang dilaksanakan tanggal (20-24/11/2017) dan pelaksanaan operasinya pada tanggal (30/11/2017) hingga hari ini (03/12/2017) mampu menyelesaikan operasi total sejumlah 465 orang.

Dari jumlah pasien yang brhasil dioperasi di 2 rumah sakit yaitu di RS Bina Sehat sebanyak total 238 orang dan terakhir kemarin (02/12) sedangkan di RS Baladhika Husada (DKT) Jember sebanyak total 223 orang dan hari ini mengoperasi tambahan 4 orang sehingga total 227 orang. 

Dan pasien yang terdaftar dari berbagai daerah diantaranya sebagian besar dari Kabupaten Jember, selebihnya dari Kabupaten Banyuwangi, Lumajang, Bondowoso, Sidubondo yang masing-masing didaftar dan didampingi oleh Babinsa.

Bakti Sosial TNI Operasi Gratis Katarak ini merupakan program dalam  rangka penurunan kebutaan masyarakat yang diakibatkan oleh katarak, dengan melibatkan dokter-dokter specialis mata dari Puskesad maupun Persatuan Dokter Ahli Mata Indonesia (Perdami).

Pada hari terakhir (03/12/2017) ini kita mewawancarai P Ahmad Jumari 45 tahun warga Jl Gajah Mada Kelurahan Jember Kidul Kec Kaliwates Kab Jember yang telah menjalani operasi, saat ditanyakan darimana mengetahui adanya operasi gratis ini, Pak Ahmad Jumari menjelaskan bahwa tahu dari Koramil dan didaftarkan namanya kemudian menikuti screening dan kemarin (02/12/2017) dilaksanakan operasi.

Saat ditanyakan bagaimana rasanya dioperasi P Ahmad Jamari menegaskan bahwa operasinya tidak sakit dan saat ditanyakan bagaimana hasilnya, kata dokter saat control tadi nunggu seminggu lagi setelah dilepas perbannya baru ketahuan hasilnya.

Saat ditanyakan apa tanggapannya terhadap program Bakti Sosial TNI Operasi Gratis ini Pak Ahmad Jamari menyampaikan terima kasih kepada RS DKT Jember.

Kegiatan hari ini banyak melayani pasien yang control setelah menjalani operasi kemarin baik yang berasal dari wil Kabupaten Jember maupun kabupaten diluar Jember. 

"Kepuasan-kepuasan tersebut memang nampak pada penderita yang telah dioperasi sejak hari pertama, karena operasi tersebut dilaksanakan secara gratis dan dokter yang menanganipun dokter-dokter specialis senior dengan peralatan yang sudah canggih, sehingga berjalan cepat dan tidak sakit," kata Ka RS Baladhika Husada (DKT) Jember Letkol Ckm dr Masri Sihombing, Sp.OT (K) Hip & Knee, M.Kes.

Menyikapi kegiatan yang dilaksanakan Komandan kodim 0824 Jember menyampaikan terima kasih kepada Kepala RS Baladhika Husada (DKT) Jember maupun Kepala RS Bina Sehat Jember yang telah berketempatan menjadi tempat dilakukannya operasi katarak gratis tersebut.

Kepada anggota Kodim 0824 yang telah melaksankan perekrutan hingga pendampingan pasien juga disampaikan terima kasih semoga pengabdian kita mendapat ridlo Allah SWT, dan kepada penederita katarak yang telah menjalani operasi saya sampaikan selamat semoga lekas sembuh dan dapat melihat dengan normal kembali, bagi yang belum dapat dioperasi hendaknya selalu bersabar dan jaga kondisi sehingga dikesempatan lain yang akan datang apabila ada program serupa dapat diikutkan operasi. (Sis24) 
Editor: Mardan H Siregar 




Komentar