Kadin Sumut Ajak Pengusaha Fhilipina Kerjasama Eksport Import dan Perdagangan

Redaksi: Rabu, 20 Desember 2017 | 19.20.00




MEDAN| HARIAN9
Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sumatera Utara (Sumut) menerima kunjungan Consul General Fhilippine bersama rombongan pengusaha asal Fhilipina di Hotel Grand Aston, Jl. Balai Kota Medan, Rabu (20/12/2017) sore. Kunjungan tersebut mengulas kemungkinan kerjasama perdagangan ekspor import Sumut dengan Fhilipina.

Hadir dalam pertemuan tersebut Consul General Philippine in Infonesia Shirlene Mananquil, Second Secretary JacquelineJoan S. Arquiza, A fellow Third Secretary Alan Gabriola dan Vice Chairman Philippine Committee Nova zein. Sedangkan Ketua Umum Kadin Sumut Ivan Iskandar Batubara didampingi Direktur Eksekutif Hendra Utama dan pengurus Kadin Sumut lain diantaranya Tomi Wistan, Santri A. Sinaga, Isfan F. Fcahruddin, Oki Irawan, Rudi Zulham Hasibuan dan Dona Yulieta keduanya dari Kadin Medan.

Dalam kesempatan itu, Ketua Umum Kadin Sumut Ivan Iskandar Batubara mengajak para pengusaha asal Fhilipina menjalin kerjasama ekspor dan impor berbagai produk.

“Kadin juga mengajak kerjasama perdagangan, pelatihan dan pengembangan SDM, pengembangan Agro Tourism, property dan pengembangan kawasan wisata,” sebut Ivan.

Seperti potensi Agro Tourism dan kawasan wisata di Sumut sangat berpeluang besar untuk dikembangkan.

 “Danau Toba sudah menunggu sentuhan dari investor. Ini akan memberikan multiple effect bagi masyarakat sekitar. Ada sedikitnya 160 item usaha yang akan tumbuh nantinya,” harap Ivan.

Kadin Sumut juga membuka diri untuk menjajagi kemungkinan kerjasama dalam berbagai bidang di Fhilipina.

“Sebaliknya, kita juga akan menjajagi kerjasama di Fhilipina nantinya. Bidang export import product yang disesuaikan dengan demand atau kebutuhan Filipina dan sebaliknya,” ujar Ivan.

Sebagai tindak lanjut pertemuan tersebut, Kadin Sumut menjadwalkan kunjungan Duta Besar Fhilipina ke Medan.

“Dalam pertemuan dengan Duta Besar Fhilipina nantinya, kita akan tawarkan juga Sister City Medan dan Davao. Dengan begitu, hubungan antara pengusaha Sumut dan Fhilipina terjalin erat,” harap Ivan.

Consul General Philippine in Infonesia, Shirlene Mananquil menyambut hangat rencana kerjasama antara Kadin Sumut dengan pengusaha asal Fhilipina.

“Kami senang bisa kerjasama. Ini baik untuk kami dan pengusaha di Sumatera Utara,” ujar Mananquil. (rel)

Komentar