Kapolsek Kutalimbaru Panggil Panitia Pemilihan Kepala Desa

Redaksi: Jumat, 08 Desember 2017 | 06.37.00

Kapolsek Kutalimbaru didampingi Wakapolsek dan Kanit Provost memberi arahan kepada Ketua P2 K menjelang Pilkades serentak. (Foto: Joko Hendro)

MEDAN| HARIAN9
Mengantisipasi kecurangan pada Pemilihan kepala desa (Pilkades), Kapolsek  Kutalimbaru berinisiatif memanggil Panitia Pemilihan Kepala Desa (P2K) Desa Perpanden, dan Ketua P2K Desa Namo Rube Julu guna diberi bimbingan dan arahan.

Pertemuan yang diadakan di ruang kerja Kapolsek Kutalimbaru AKP Martualesi Sitepu, SH, MH, Kamis, (7/12/2017) dimulai pukul 12.30 WIB. Hadir dalam acara tersebut, Wakapolsek Iptu Boksen Surbakti, SH, dan Kanit Provost Aipda Irwanto Sitepu, SH, meminta, agar P2K selaku penyelenggara agar bersikap adil, jujur dan bekerja dengan sepenuh hati, serta bersikap netral.

"Tugas yang saudara laksanakan adalah tugas negara sehingga mari laksanakan sebaik mungkin. Hendaknya kesempatan ini jangan di salah gunakan" tegas mantan Wakapolsek Medan Barat Martualesi Sitepu 

Ditekankannya, dalam masa minggu tenang, agar seluruh Panitia Pemilihan Kepala Desa (P2K) menghindari pertemuan dengan calon kepala desa atau tim sukses untuk menjaga hal-hal yang tidak di inginkan. 

Disamping itu, Martualesi Sitepu yang pernah menjabat Kanit Reskrim Polsek Delitua turut menghimbau agar P2K membuat notulen tentang kesepakatan terkait masalah surat suara syah dan surat suara yang tidak syah, dengan para calon, sehingga tidak menimbulkan masalah sewaktu penghitungan suara.

"Bekerjalah dengan penuh rasa tanggungjawab. Dengan demikian, pihak kepolisian menjamin keselamatan saudara. Artinya, jika saudara mencoba berpihak dan tidak jujur, maka pasti akan memancing keributan. Maka pihak kepolisian akan meminta pertanggungjawaban penyelenggara pemilihan" terangnya.

Lanjut dikatakan Martualesi Sitepu, bila ada hal-hal yang tidak diinginkan, mantan Kanit Reskrim Polsek Medan Kota ini meminta agar P2K segera berkoordinasi dengan pihak kepolisian yang berada di TPS.

"Bisa saja pelanggaran hukum terjadi di TPS. Misalkan, membawa senjata tajam (sajam) saat mendatangi TPS. Pihak P2K sebaiknya memperingatkan pemilih agar jangan membawanya. Jika tidak diindahkan, segera laporkan kepada kita.agar diberi tindakan tegas," pungkas AKP Martualesi Sitepu sembari memberikan nomor ponselnya yang bisa di hubungi.

Usai mendapat arahan, Ketua P2K Desa Namorube Julu, Andreansyah SPd.I dan Desa Perpanden Julianus Sitepu serta rombongan cukup mengapresiasi bimbingan yang disampaikan Kapolsek. Mereka berjanji akan melaksanakan tugasnya sebaik mungkin dan berupaya menghindari kecurangan dan keberpihakan.
Informasi diperoleh, Pilkades yang akan dilakukan serentak pada, Selasa (12/12/2017) mendatang, dan rencananya akan dimulai pada pukul 08.00 WIB hingga pukul 14.00 WIB. 

Di Kecamatan Kutalimbaru diketahui ada 2 desa yang menyelenggarakan Pilkades yakni Desa, Perpanden meliliki Jumlah DPT sebanyak 1.599 pemilih dan Desa Namo Rube Julu memiliki DPT sebanyak 1.348 pemilih. (HJ9)


Komentar