SELAMAT HUT ACEH TAMIANG


Kejari Paluta Akan Segera Lelang Sejumlah Barang Sitaan

Redaksi: Rabu, 20 Desember 2017 | 02.02.00

Logo Kejaksaan. (Foto: Riswandy)


PALUTA| HARIAN9
Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) akan mengadakan lelang barang rampasan dari sejumlah kasus yang ditangani oleh pihak Kejari Paluta dan statusnya telah inkrah atau berkekuatan hukum.

Kepala Kejari Paluta Rizal S Nyaman SH MH melalui Ketua Panitia lelang‎ Kejari Paluta Agus Salim Harahap SH MH mengatakan, proses lelang ini sudah diumumkan sesuai dengan surat pengumuman lelang Nomor : B- /N.2.33/Cu.1/12/2017.

“Kita akan melakukan lelang sejumlah barang rampasan dari sejumlah putusan kasus yang kita tangan dan statusnya telah inkrah atau berkekuatan hokum,“ ujar Agus Salim Harahap, SH, MH Selasa (19/12).

Dikatakannya, pelaksanan lelang barang rampasan tersebut berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap dan berdasarkan Surat Perintah Penjualan Barang Rampasan Kepala Kejaksaan Negeri Padang Lawas Utara Nomor : KEP-13/N.2.33/Cu.3/10/2017 dengan perantaraan Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Padangsidimpuan.

“Untuk proses pelaksanaan lelang dijadwalkan akan digelar Rabu, 27 Desember 2017, bertempat di halaman Kantor Kejari Paluta, Jl Perwira No 61, Kelurahan Pasar Gunungtua, Kecamatan Padang Bolak, mulai jam 10.00 Wib sampai selesai,“ katanya.

Ditambahkannya, adapun syarat-syarat lelang yang harus dipenuhi diantaranya, ‎peserta lelang wajib menyetorkan uang jaminan sebagaiman tertera diatas ke Rekening Penampungan Lelang KPKNL Padangsidimpuan ke Rek. No. 0172731079 an. RPL 006 KPKNL Padangsidimpuan untuk PDJ Lelang di PT. BNI (Persero) Tbk. Cabang Padangsidimpuan dan sudah efektif satu hari  kerja sebelum pelaksanaan lelang.

Kemudian, ‎pelunasan harga lelang paling lambat dalam waktu 5 hari kerja setelah ditunjuk sebagai pemenang lelang. Apabila pemenang lelang tidak melunasi kewajibannya maka dinyatakan “Wanprestasi” dan uang jaminan akan disetor ke Kas Negara sebagai pendapatan jasa lainnya.

Selanjutnya, ‎bagi peserta lelang yang tidak ditunjuk sebagai pemenang lelang, uang jaminan akan dikembalikan melalui Bendahara Penerimaan KPKNL Padangsidimpuan tanpa potongan apapun dan ‎obyek dilelang dengan ketentuan dan dalam kondisi apa adanya sehingga apabila ada kerusakan, gugatan, tuntutan dan biaya atau kewajiban yang tertunggak atas obyek lelang tersebut menjadi resiko dan tanggung jawab peserta lelang.

Selain itu, ‎peserta lelang wajib membawa identitas diri (KTP/Paspor yang masih berlaku) dan 4 lembar materai Rp.6000,- untuk setiap objek lelang. Apabila karena sesuatu hal terjadi penundaan/pembatalan lelang terhadap salah satu obyek atau beberapa obyek tersebut diatas, pihak-pihak yang berkepentingan/peminat lelang tidak dapat melakukan tuntutan dalam bentuk apapun baik pidana maupun perdata kepada KPKNL Padangsidimpuan dan Kejari Paluta.

“Bagi peserta yang berminat dapat melihat barang yang dilelang sejak pengumuman diterbitkan. Untuk keterangan lebih lanjut, silahkan hubungi panitia lelang Kejari Paluta di Jalan Perwira No.61, Kelurahan Pasar Gunungtua, Kecamatan Padang Bolak atau  pihak KPKNL Padangsidimpuan di Jalan Kenanga No. 99 Padangsidimpuan,“ jelasnya. (Wan9)
Editor: Mardan H Siregar 





Komentar