SELAMAT HUT ACEH TAMIANG


Kemensos Komitmen Tangani Pengaduan Masyarakat

Redaksi: Senin, 25 Desember 2017 | 00.36.00



JAKARTA| HARIAN9 
Kementerian Sosial berkomitmen menangani berbagai pengaduan masyarakat dalam hal penyaluran bantuan sosial. 

"Pengaduan sekecil apapun harus ditanggapi, karena akan mempengaruhi akuntabilitas penyaluran bansos," ujar Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Harry Hikmat di Jakarta (21/12).

Seperti di ketahui, Kementerian Sosial membangun sistem pengaduan masyarakat yang terkait dengan bansos non tunai. Bagi masyarakat yang akan menyampaikan pengaduan atau keluhan bisa melalui Call Centre Nomor 1500299.

Sejak diluncurkan tanggal 27 November 2017 lalu, sudah masuk sebanyak 581 pengaduan. Bulan November sebanyak 97 pengaduan dan bulan Desember sebanyak 484.

Dengan tingginya pengaduan yang masuk, Kemensos akan mengembangkan contact center yang sudah ada. 

"Contact center yang efektif harus dapat menyelesaikan setiap pengaduan yang masuk. Pengaduan harus ditangani secepat mungkin agar tidak mengecewakan," lanjut Harry.

Contact center Kemensos perlu terintegrasi dengan contact center milik bank Himbara. "Hal ini penting karena bank Himbara sebagai mitra Kemensos dalam menyalurkan bansos," sebutnya.

Perlu terintegrasi karena pengaduan masyarakat sangat beragam, lanjutnya, ada yang mempertanyakan tentang substansi bantuan, tidak jarang juga menanyakan mekanisme pencairan bantuan.

Dengan beralihnya mekanisme penyaluran bantuan sosial dari tunai menjadi non tunai dengan menggunakan Kartu Keluarga Sejahtera, banyak yang menemui kesulitan. 

"Masyarakat perlu mendapatkan informasi yang tepat terkait penyaluran bantuan sosial," pungkasnya.(kemensos/03)
Editor: Mardan H Siregar




Komentar