Ketua BPK Usul untuk Kembangkan Pendekatan Audit Bersama atas Implementasi SDGs pada Badan-Badan PBB

Redaksi: Minggu, 03 Desember 2017 | 00.14.00

Pada akhir penutupan Sidang Panel External Auditor PBB di Roma Italia pada tanggal 1 Desember 2017. (Foto: bpk) 

ROMA, ITALIA| HARIAN9
Pada akhir penutupan Sidang Panel External Auditor PBB di Roma Italia pada tanggal 1 Desember 2017, Ketua BPK, Dr. Moermahadi Soerja Djanegara mengusulkan agar Panel dapat mempertimbangkan pengembangan pendekatan audit bersama bagi para External Auditor PBB, untuk dapat mememeriksa implementasi program-progam Sustainable Development Goals (SDGs) pada masing-masing badan PBB yang diperiksanya.

Sesuai dengan resolusi PBB mengenai SDGs atauTujuan Pembangunan Berkelanjutan pada bulan September 2015, badan-badan PBB juga mempunyai tanggung jawab untuk membantu Negara anggota dalam pelaksanaan SDGs melalui program dan inisiatif yang ada. 

Dewan Auditor PBB telah memulai audit atas kesiapan Sekretariat PBB dalam merancang berbagai inisiatif SDGs, dan diharapkan pada tahun 2019 semua Eksternal Auditor badan-badan PBB melaksanakan audit dalam perspektif SDGs.

Badan Pemeriksa Keuangan sebagai External Auditor pada salah satu badan PBB, yaitu International Atomic and Energy Agency (IAEA), menyambut inisiatif ini dan mendorong upaya bersama pengembangan pendekatan audit yang tepat sesuai dengan mandat pada masing-masing Badan Pemeriksa. 

Hal ini sejalan dengan kiprah BPK sebagai Ketua Working on Environmental Audit yang telah membantu menyusun Pedoman Audit atas Kesiapan SDGs bagi komunitas BPK sedunia. (bpk/03)
Editor: Mardan H Siregar 







Komentar