KPU Gelar Bimtek PPK Se Kabupaten Paluta

Redaksi: Minggu, 10 Desember 2017 | 00.27.00

Komisioner KPU Paluta Divisi Program dan Data M Nafsir Rambe SPd saat memberikan pemaparan pada kegiatan Bimtek bagi seluruh anggota PPK se Kabupaten Paluta di aula Lobu Bara, Kecamatan Padang Bolak Kabupaten Paluta, Sabtu (9/12). (Foto: Riswandy)


PALUTA| HARIAN9
Untuk meningkatkan kapasitas dan kinerja dalam menghadapi Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Padang lawas Utara (Paluta) serta pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara (Sumut) tahun 2018 mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Paluta menggelar bimbingan teknis kepada anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se Kabupaten Paluta di aula Lobu Bara, Simpang Purba, Kecamatan Padang Bolak, Sabtu (9/12).

Kegiatan Bimtek tersebut dihadiri Ketua KPU Paluta Rahmat Hidayat SP, para Komisioner KPU, Sekretaris KPU Paluta Panjang Matua Harahap beserta seluruh staff KPU Paluta dan dirangkai dengan sesi tanya jawab antara peserta Bimtek dengan narasumber.

Sementara tiga orang narasumber dari Komisioner KPU Paluta  yakni M Nafsir Rambe SPd yang memaparkan materi tentang pemutakhiran data pemilih, tata cara dan mekanisme pendataan pemilih, M Ali Ansor Siregar SAg yang memaparkan materi tentang kode etik penyelenggara Pemilu terkait bagaimana etika seorang penyelenggara Pemilu mulai dari tingkatan KPPS, PPS, PPK hingga KPU dan Herisal Lubis SH yang menyampaikan tentang Informasi publik dan kaitannya dengan penyelenggara Pemilu dan pemilihan.

Ketua KPU Paluta Rahmat Hidayat SP  saat membuka kegiatan Bimtek dalam sambutannya menyampaikan, Bimtek yang dilaksanakan ini guna memberikan pemahaman dan peningkatan kapasitas kinerja bagi seluruh peserta dalam penyelenggaraan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Paluta serta pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut tahun 2018 mendatang.

“Bimtek ini digelar agar seluruh anggota PPK dapat menjalankan tugas pokok serta fungsinya sebagai penyelenggara Pemilu pada tingkat Kecamatan dan nantinya Bimtek ini akan membahas semua tugas pokok, fungsi serta bagaimana menjalankan tugas sebagai PPK,“ ujar Rahmat Hidayat.

Ditambahkannya, pembekalan ini juga bertujuan agar persiapan perhelatan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Paluta serta pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut dapat berjalan sukses dan lancar khususnya di Kabupaten Paluta.

Komisioner KPU Paluta Divisi SDM dan Parmas Herisal Lubis SH selaku narasumber dalam paparannya menyampaikan hak mendapatkan Informasi publik khususnya yang berhubungan dengan program, jadwal dan tahapan penyelenggaraan Pemilu serta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Paluta dan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut tahun 2018 wajib difahami setiap penyelenggara pemilu terutama PPK sebagai peserta Bimtek adalah dijamin Konstitusi dan UU No 14 Tahun 2008 serta diatur dalam Perki No 1 Tahun 2008 dan PKPU No 1 Tahun 2015.

Dikatakannya, semua pihak harus menyadari bahwa segala informasi penyelenggaraan Pemilu dan pemilihan mulai dari pendataan pemilih, informasi tahapan, rekapitulasi perhitungan suara nantinya dan lain-lain yang berhubungan dengan penyelenggaraan Pemilu dan pemilihan wajib disampaikan oleh PPK dan seluruh penyelenggara Pemilu dan pemilihan.

“Sebagai penyelenggara Pemilu yang mengelola badan publik terkait penyelenggaraan Pemilu dan pemilihan wajib melayani dan memberikan informasi yang diminta oleh masyarakat berdasarkan ketentuan peraturan yang berlaku,“ kata Herisal. (Wan9)
Editor: Mardan H Siregar




Komentar