KPU Kembalikan Berkas Dukungan Calon Perseorangan Pilkada Paluta

Redaksi: Jumat, 01 Desember 2017 | 00.20.00

Ketua KPU Paluta Rahmat Hidayat Siregar SP beserta seluruh Komisioner KPU memberikan penjelasan kepada Pasbalon Bupati dan Wabup Paluta melalui jalur perseorangan yang berkas persyaratannya dikembalikan karena tidak lengkap, Rabu (29/11) malam. (Foto: Riswandy)                                                                       


PALUTA| HARIAN9
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) kembalikan berkas dukungan Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) dari jalur perseorangan (independen) untuk Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah (Pilkada) serentak Kabupaten Paluta tahun 2018 atas nama Bapaslon Wildan Siregar dan Hj Sofiatun karena berkas persyaratan tidak lengkap.

“Karena berkas persyaratan tidak sesuai dengan aturan, KPU Paluta tidak/belum bisa menerima berkas dari Bapaslon Wildan Siregar dan Hj Sofiatun yang maju pada Pilkada Paluta 2018 melalui jalur perseorangan,“ ujar Ketua KPU Paluta Rahmat Hidayat SP didampingi Komisioner KPU dari Devisi Sumber Daya Manusia dan Partisipasi Masyarakat (SDM & Parmas) Parmas Herisal Lubis serta sejumlah Komisioner KPU lainnya, Kamis (30/11).

Disebutkannya,  Pasbalon Wildan Siregar dan Hj Sofiatun menyerahkan berkas persyaratan dukungan ke KPU Paluta, Rabu (29/11) sekitar pukul 23.25 Wib. 

Namun setelah berkas Bapaslon tersebut diterima dan diteliti, ternyata berkas tidak memenuhi syarat calon dukungan jalur perseorangan yakni tidak adanya berkas formulir B2 KWK sesuai dengan PKPU Nomor 15 tahun 2017 pasal 14.

Ia menambahkan, KPU Paluta mengembalikan atau belum bisa menerima (menolak) berkas pencalonan jalur perseorangan / independent dari Pasbalon Bupati dan Wabup Paluta atas nama Wildan Siregar dan Hj Sofiatun, karena, sesuai PKPU Nomor 1 tahun 2017 tentang tahapan Pilkada, waktu penyampaian syarat dukungan Calon Bupati dan Wabup jalur perseorangan sudah ditutup hingga 29 November pukul 24.00 Wib.

“Berkas dari Bapaslon Wildan Siregar dan Hj Sofiatun melalui jalur perseorangan kita kembalikan karena tidak memenuhi persyaratan dan sudah dipastikan kontestan Pilkada Paluta dari jalur perseorangan pada Pilkada Paluta 2018 nanti tidak ada,“ katanya.

Perlu diketahui, penerimaan berkas persyaratan Bapaslon perseorangan dibuka sejak 25 November lalu dan ditutup pada Rabu 29 November pukul 24.00 WIB. (Wan9)
Editor: Mardan H Siregar 











Komentar