Mardiasmo: Walikota Harus Mampu Mengelola dan Mengembangkan Kotanya

Redaksi: Rabu, 13 Desember 2017 | 09.47.00

Wamenkeu Mardiasmo memberikan sambutan pada acara Awarding Rating Kota Cerdas Indonesia (RKCI) Tahun 2017,di Aula Dhanapala, Jakarta (11/12). (Foto: kemenkeu)


JAKARTA| HARIAN9
Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Mardiasmo memberikan sambutan pada acara Awarding Rating Kota Cerdas Indonesia (RKCI) Tahun 2017, pada Senin (11/12). 

Disampaikannya, kepada para walikota yang hadir pada acara tersebut agar mengelola kotanya dengan baik dan mampu mengembangkan kotanya menjadi kota yang modern. 

Kegiatan RKCI ini diinisiasi oleh Institut Teknologi Bandung (ITB) untuk menumbuhkan awareness mengenai smart city dengan melakukan peratingan kota-kota berdasarkan inisiasi dan implementasi kota-kota tersebut terhadap smart city.

“Pengelolaan suatu kota, betul-betul harus smart. Walaupun kota kecil, sekecil-kecilnya kota itu mereka punya penduduk yg relatif lebih maju. Sebagai walkot harus mempunyai pemikiran untuk memajukan kotanya. Bagaimana membuat kotanya menjadi modern,” ujarnya di Aula Dhanapala, kantor pusat Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

Disampaikannnya juga, bahwa dengan demografi Indonesia yang didominasi oleh generasi digital, para pemimpin kota ini harus dapat menggabungkan karakter generasi muda yaitu Connected, Confindence, dan Creative dengan konsep pengembangan kota mereka.

“Walikota harus smart di dalam memanage mengelola kotanya yag notabene sekarang demografi kita adalah mengengah penduduknya muda-muda. Bagaimana memadukan ciri khas generasi Y dengan konsep kota yang baru, kota yang modern, kota yang sustain, dan kota yang ramah lingkungan,” jelasnya.

Pada kesempatan itu Mardiasmo juga menyerahkan penghargaan RKCI Kategori Rating Ekonomi Cerdas yang dibagi menjadi 3 kelas yaitu Kota Besar, Kota Sedang, dan Kota Kecil. Kota Besar dimenangkan oleh Kota Batam, Surabaya, Tangerang Selatan, Medan, dan Semarang. Kota Sedang dimenangkan oleh Kota Manado, Balikpapan, Kediri, Denpasar, dan Jayapura. Terakhir, Kota Kecil dimenangkan oleh Kota Sawahlunto, Magelang, Bukittinggi, Pariaman, dan Bontang.

“Kita memberikan apresiasi kepada walkot yg sudah mencoba, effortnya dan menggali semua informasi sehingga mendapatkan achievement RKCI ini. Bagi yg belum mendapatkan, maka ini menjadi tantangan bagaimana mengelola kotanya biar menjadi smart city,” ungkapnya.

Menutup sambutannya, Mardiasmo menyampaikan pesan dari Presiden agar para walikota tidak hanya mengkonsep kotanya menjadi kota yang modern tapi perijinannya juga harus sehat.

Jaga APBD, kelola kota bersama-sama dengan warganya agar masyarakat dapat merasakan langsung manfaat dari kemajuan kotanya menjadi smart city. (kemenkeu/03)
Editor: Mardan H Siregar




Komentar