Masyarakat Alue Ie Kecamatana Manyak Payed Atam, Pelatihan Jahit Menjahit

Redaksi: Rabu, 27 Desember 2017 | 00.02.00

Foto bersama pihak Datok penghulu, Bhabin Khamtibmas dan Bhabinsa serta petugas PLD sekaligus bersama Para peserta Pelatihan. (Foto: Andi Saputra) 

ACEH TAMIANG| HARIAN9
Program Desa yang terus berjalan diberbagai bidang kegiatan diantaranya, bidang Pembangunan, Pemberdayaan, Pembinaan dan Bidang Pemerintahan Kampung (Desa) yang bersumber Dari Dana APBN tahun 2017 melalui Alokasi Dana Desa yang terus disalurkan dari Pemerintah Pusat dapat membangun Desa yang sejahtera, yang mana telah tertuang dalam Undang Undang Desa Nomor 06 Tahun 2014 Tentang Desa, dan tata cara pengelolaan Dana Desa dengan baik.

Dalam hal ini juga, terkait program Desa yang terus dijalankan Dalam membangun masyarakat Desa yang berpotensi dan terampil, Desa Alue Ie Puteh Kecamatan Manyak Payed Aceh Tamiang Bersama Unsur BUMDes/BUMK (Badan Usaha Milik Desa/Kampung) Menggelar pelaksanaan kegiatan Pelatihan Jahit Menjahit dari salah satu Bidang Pemberdayaan yang berlangsung di Meunasah Desa Alue Ie Puteh, Selasa (26/12/2017).

Selain itu, Dalam pelaksanaan Pelatihan tersebut yang terus berlangsung, Datok Penghulu (Kades) Kampung Alue Ie Puteh Sopian yang didampingi oleh Ketua BUMDES/BUMK Ridwan menyampaikan, sebanyak 15 Orang sebagai yang mengikuti pelatihan menjahit di bidang pemberdayaan dari salah satu program Desa dan pelatihan jahit menjahit ini adalah program dari BUMK (Badan Usaha Milik Kampung) yang merekrut dari pihak masyarakat terutama  unsur perempuan yang mempunyai potensi keterampilan dalam jahit menjahit. 

"Dan pelaksanaan Kegiatan inipun menggunakan Anggaran yang bersumber Dari Alokasi Dana Desa Tahap ke- II dari 40 persen sedangkan Anggaran yang bersumber dari  Alokasi Dana Desa (ADD) 60 persen dari tahap I (Pertama) Sudah dipergunakan untuk pembangunan Infrastruktur Desa seseui dengan Usulan yang dituangkan kedalam APBK Kampung," ungkap Sopian.

Lebih lanjut, disampaikannya, dari 15 orang peserta yang mengikuti pelatihan jahit menjahit ini berjalan sampai 7 (tujuh) hari terhitung mulai pelaksanaan pelatihan tanggal 25 Desember Sampai 31 Desember tahun 2107. 

"Pelatihan keterampilan Jahit menjahit ini bersifat berkesinambungan Sampai tahun selanjutnya sehingga para peserta sampai benar-benar memahami sehingga dapat membuahkan hasil yang maksimal terutama bagi para peserta sendiri," ungkapnya.

Dikatakannya, Tidak Hanya kegiatan Pelatihan saja tetapi kegiatan pelaksanaan pembangunan Fisik dan kegiatan lainnya yang menggunakan anggaran Dari Dana Desa tetap terus diawasi oleh pihak kepolisian dan pihak TNI dalam Keterlibatannya selaku Sosial kontrol. 

"Sehingga dalam pengelolaan Dana Desa Tepat sasaran sehingga masyarakat lingkungan pemerintahan Desa lebih sejahtera,"tutupnya.

Di samping itu, dari pihak kepolisian jajaran Polsek Kecamatan Manyak Payed Selaku Bhabin Khamtibmas Kampung Alue Ie Puteh  Aiptu Al Anshar yang turut serta Hadir dalam pelaksanaan pelatihan tersebut.

"Dengan adanya keterlibatan dari pihak kepolisian yang bersama-sama mengawal pengelolaan Dana Desa ini dengan unsur terkait, cukup bermanfaat, disuatu sisi lain, dalam pengelolaan dana Desa yang langsung dikelola oleh pihak desa langsung terpantau dalam penggunaannya, sehingga pengelolaan dana desa tepat Sasaran dalam membangun Desa yang lebih baik serta membawa masyarakat lebih sejahtera," ungkap Aiptu Al Anshar.

Dikatakannya, dengan ada nya pelatihan seperti ini yang melibatkan langsung dari pihak masyarakat terutama unsur Perempuan sangatlah baik, Dengan pelatihan ini pun dapat meningkat potensi dalam kreatifitas demi mengembangkan bakat dan keterampilan yang mereka miliki sehingga untuk kedepannya dari hasil pelatihan yang mereka peroleh, dapat dikembangkan sehingga melahirkan SDM yang berkualitas baik, Dan menjadikan sebuah karya yang bernilai tinggi. 

"Kita semua Berharap pelatihan inipun jangan sampai di tahun ini saja, tetapi buatlah pelatihan ini bersifat berkelanjutan," harapnya.

Turut hadir dalam pelatihan tersebut, Datok Penghulu (Kades) Kampung Alue Ie Puteh Sopian, Ketua BUMK Ridwan, Bhabin Khamtibmas Jajaran Polsek Kecamatan Manyak Payed Aiptu Al Anshar, Serda Supranto Selaku Bhabinsa Kampung Alue Ie Puteh jajaran Koramil 15/Manyak Payed dan Pendamping Lokal Desa (PLD) yang bertugas diDesa Alue Ie Puteh. (Andi9).
Editor: Mardan H Siregar 








Komentar