SELAMAT HUT ACEH TAMIANG


Menkeu Tinjau KPPN, Pastikan Realisasi Anggaran

Redaksi: Minggu, 24 Desember 2017 | 12.11.00

Menkeu Sri Mulyani Indrawati mengunjungi Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) di Gedung Prijadi Praptosuhardjo III Jakart pada Kamis (21/12). (Foto: kemenkeu)


JAKARTA| HARIAN9
Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati melakukan kunjungan peninjauan Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) dalam rangka kesiapan menghadapi akhir tahun anggaran. 

KPPN Jakarta II menjadi labuhan pertamanya dan berlanjut ke KPPN Khusus Penerimaan diakhiri dengan Kunjungan ke Direktorat Sistem Informasi dan Teknologi Perbendaharaan (SITP) yang keseluruhannya berlokasi di Gedung Prijadi Praptosuhardjo III Jakarta pada Kamis (21/12).

Pelaksanaan kegiatan pencairan dana Kementerian/Lembaga di KPPN tampak lebih sibuk dari biasanya, karena hari ini hari terakhir KPPN melayani Surat Perintah Membayar (SPM) . 

"Tentu kita melihat dari aktivitas ini banyak Kementerian/Lembaga, banyak dari sisi satker, banyak yang melakukan pencairan anggaran pada hari terakhir. Jadi kesibukan dari KPPN ini kita bisa lihat di minggu-minggu ini," jelasnya saat memberikan keterangan kepada awak media usai melakukan kunjungan.

Di tempat yang sama, Sri juga meninjau pilot project Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Instansi (Sakti). Sakti adalah cara untuk pengalokasian dan pembayaran anggaran dokumen yang nantinya diharapkan dapat paperless. 

"Dari K/L langsung ke KPPN tanpa adanya suatu transaksi dari sisi dokumen. Karena ini masih merupakan trial yang kita gunakan adalah untuk satker di lingkungan Kementerian Keuangan. Nanti kita lihat kalau semua sistem ini akan mempersingkat dan mempermudah proses dari pencairan anggaran," ungkapnya.

Menutup penjelasannya, dengan menyambut baik dengan inovasi yang dilakukan oleh seluruh jajaran Direktorat Jenderal Perbendaharaan.

"Tentu saya juga sangat konsen dan memperhatikan mengenai kehandalan dari infrastrukturnya. Dengan demikian dari Perbendaharaan bersama dengan Pusintek yang melakukan seluruh proses untuk pengelolaan sistem dari pembayaran dan pengelolaan keuangan negara baik dari sisi penerimaan maupun dari sisi belanjanya," pungkasnya. (kemenkeu/03)
Editor: Mardan H Siregar 



Komentar