Operasi Katarak RS Baladhika Husada (DKT) Jember Hari Kedua, Tingkatkan Pelayanan

Redaksi: Sabtu, 02 Desember 2017 | 11.08.00

Bakti Sosial Operasi Katarak Gratis di RS Baladhika Husada (DKT) Jember pada hari ke II Jumat (01/12/2017) pukul 07.00 WIB sudah dimulai dengan melaksanakan screening akhir bagi pasien yang mau dioperasi. (Foto: Sis24)

JEMBER| HARIAN9 
Bakti Sosial Operasi Katarak Gratis di RS Baladhika Husada (DKT) Jember pada hari ke II Jumat (01/12/2017) pukul 07.00 WIB sudah dimulai dengan melaksanakan screening akhir bagi pasien yang mau dioperasi.

Menurut Ketua Pelaksana Mayor Inf Sunarji pelayanan pada hari Jumat ini akan lebih dioptimalkan dengan melayani minimal  70 pasien yang siap operasi, untuk itu pada pasien-pasien katarak yang sudah terdaftar didatangkan sekitar 100 orang untuk mengantisipasi apabila ada pasien yang disecreening akhir ini tidak lolos operasi.

Beberapa hal yang mengakibatkan tidak lolosnya pasien untuk diopersdi miasalnya pada screening akhir pasien tersebut diketemukan tensi darahnya tinggi, kadar gulanya naik dan lain-lain sehingga riskan untuk dilanjutkan untuk dilaksanakannya operasi katarak, sehingga pasien harus benar-benar siap operasi.

Karena hal tersebut banyak dipengaruhi oleh berbagai hal diantaranya capek usai menempuh perjalanan dari rumah menuju rumah sakit, ada yang karena diliputi rasa takut operasi dan lain-lain yang tentunya akan mempengaruhi kesiapan pasien.

Meskipun ruang operasinya terbatas namun RS Baladhika Husada akan mengoptimalkan kelancaran pelayanan dari proses daftar, screening sampai dengan dilakukannya pasca operasi sehingga tidak ada jeda waktu sedikitpun yang terbuang.

Sedangkan tenaga medis yang tersedia saat ini juga semakin meningkat karena disamping ada penugasan dokter specialis mata dari Pusat Kesehatan Angkatan Darat (Puskesad) yaitu Kolonel Ckm dr M Irsan, Sp.M dan 3 orang dokter senior Persatuan Dokter Ahli Mata Indonesia (Perdami) Pusat, juga didukung dokter specialis mata dari Perdami Cabang Malang Raya yaitu 10 dokter senior, 10 dokter muda dan 2 orang petugas operator medisnya.

Kesemuanya tersebut belum lagi panitia dari dokter specialis mata local rumah sakit dan operator medic dari RS Baladhika Husada (DKT) Jember, yang senantiasa memberikan pelayanan kepada pasien yang akan mejalani operasi katarak.

Kepala RS Baladhika Husada (DKT) Jember Letkol Ckm dr Masri Sihombing, Sp.OT, (K) M.Kes saat dikonfirmasi dilokasi kegiatan menyatakan bahwa secara keseluruhan pasien yang mendaftar di rumah sakitnya ada 576 orang, kemudian setelah discreening yang lolos dan layak dioperasi sebanyak 265 orang kemudian ada pendaftar susulan 14 orang dan sudah lolos screening, sehingga total ada 279 orang pasien, yang akan kita laksanakan screening akhir menjelang masuk ruang operasi, tingga berapa yang layak kita lakukan operasi.

Saat ditanyakan berapa sebenarnya target yang harus dilaksanakan berdasarkan kerjasama antara Puskesad dengan Kementrian Kesehatan RI, dr Masri Sihombing menjelaskan bahwa targetnya sebenarnya 200 orang, namun sesuai instruksi dari Puskesad berapapun yang mendaftar harus kita layani sekaligus sebagai wujud kepedulian TNI terhadap penderita katarak.

Terkait dengan kegiatan yang dilaksanakan tersebut Komandan Kodim 0824 dalam konfirmasinya menyampaikan salam hormat dan terima kasiih kepada Tim Dokter yang menangani Bakti Sosial TNI Operasi Gratis Katarak ini, demikian halnya kepada Kepala RS Baladhika Husada yang telah menyediakan sarana dan prasarananya sebagai tempat dilakukannya operasi tersebut.

Ucapan terima kasih pula disampaikan kepada jajarannya beserta Babinsa yang telah mendukung kegiatan tersebut dari pencari pasien hingga mendapingi saat screening hingga dilaksanakannya operasi bagi masyarakatnya, semoga apa yang kita lakukan semakin memantapkan Kemanunggalan TNI-Rakyat. (Sis24)
Editor: Mardan H Siregar






Komentar