Pemkab Langkat Adakan Forum Diskusi

Redaksi: Rabu, 13 Desember 2017 | 09.06.00



STABAT| HARIAN9
Guna menjaga kelestarian Media Pertunjukan Tradisional, Pemerintah Kabupaten Langkat melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Langkat adakan Forum Diskusi yang berlangsung di Stabat Sea Food, Selasa (12/12).

“Forum ini diselenggarakan dengan mengundang sejumlah Narasumber dengan tujuan sebagai pembinaan sekaligus mempopulerkan kembali Media Pertunjukkan Tradisional di kalangan masyarakat,” kata Bupati Langkat H. Ngogesa Sitepu SH melalui pidato tertulisnya yang dibacakan Staf Ahli Bupati Langkat Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik H. Khairudin SE

Ditambahkannya, saat ini, keberadaan Media Pertunjukan Tradisional sudah menunjukkan grafik menurun bagi kalangan masyarakat, untuk mempopulerkannya kembali, perlu ada langkah strategis dalam merumuskannya.

Maka dari itu, dalam menentukan langkah srategis tersebut, seluruh pihak harus saling bekerjasama dalam mempopolerkan Pertunjukkan tradisional tersebut.

“Karena jarang ditampilkan, masyarakat merindukannya, olehkarenanya, itu jadi daya tarik tersendiri untuk menghidupkan kembali sehingga generasi muda mengetahui apa saja jenis-jenis pertunjukan tradisional,” harapnya.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Langkat H. Syahmadi S.Sos, M.SP menuturkan, kekhawatiran akan ketidakpahaman generasi muda tentang Pertunjukkan Tradisional adalah permasalahan yang harus diselesaikan secara bersama.

“Ini pembinaan sekaligus mediasi yang kami upayakan agar Media Pertunjukkan Tradisional kembali dipopulerkan ditengah-tengah kehidupan masyarakat,” katanya.

Dijelaskannya, saat ini banyak yang mengatakan bahwa Pertunjukkan Tradisional kalah bersaing dengan pertunjukkan masa kini, tetapi kenyataannya, jika kita mendapatkan rumus yang strategis, pastinya keberadaan Media Pertunjukkan Tradisional akan mendapatkan respond yang banyak dari masyarakat.

“Dukungan, lokasi, pemeran dan penonton saling berkaitan dalam mensukseskan Media Pertunjukkan Tradional, untuk itu, mari bersama-sama kita cari solusi agar Pertunjukkan Tradisional tetap lestari sampai ke generasi kita selanjutnya” harap Kadis Kominfo tersebut.

Sebagaimana diketahui, peserta yang hadir berjumlah 20 orang terdiri dari kelompok Media Pertunjukkan Tradisional dari berbagai daerah di Kabupaten Langkat dengan Narasumber Staf Ahli Bupati Langkat Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik H. Khairudin SE, Kadis Kominfo Langkat H. Syahmadi S.Sos, M.SP dan Drs. Zainal Arifin Aka (Budayawan). (hs9)
Editor: Mardan H Siregar



Komentar