Polda Papua Laksanakan Kegiatan Pemulihan Trauma Bagi Anak Anak Tembaga Pura

Redaksi: Sabtu, 02 Desember 2017 | 00.14.00

Kabag Psikologi Biro SDM Polda Papua AKBP Taufik Irfan, SH, beri semangat dalam acara kegiatan pemulihan trauma pada anak-anak Tembaga Pura. (Foto: Joko Hendro)
                             

JAYAPURA| HARIAN9
Kabag Psikologi Biro SDM Polda Papua AKBP Taufik Irfan, SH, pimpi kegiatan pemulihan trauma bagi anak-anak Tembaga Pura di halaman Gereja Kampung Kwamki Narama Distrik Mimika Papua, Jumat (1/12/2017) sekira pukul 13.00 WIB.

Acara yang diselenggarakan oleh Biro Sumbed Daya Manusia (SDM) tersebut dihadiri Kapolres Mimika AKBP Victor Mackbon, SH, SIK, MH, M.Si, Wakapolres Kompol Arnolis Korowa, serta diikuti oleh anak usia dini yang berasal dari Kampung Banti, Kimberly yang dievakuasi ke Timika beberapa waktu lalu.

Pasca evakuasi warga dari kampung tersebut, kepolisian telah melakukan beberapa kegiatan humanis yang salah satunya yang dilakukan hari ini oleh Bagian Psikologi Biro SDM Polda Papua. 

Kegiatan yang dilakukan yaitu, dengan melakukan pendekatan terhadap anak-anak dengan mengajak mereka menyanyikan lagu-lagu anak-anak serta pemutaran film anak.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas)  Polda Papua Kombes Pol Drs. AM. Kamal, SH mengatakan melalui WA, memori-memori traumatis pasca terisolir di kampung mereka niscaya mengendap di alam bawah sadar para anak-anak ini. 

Gejalanya berupa rasa murung, susah tidur (insomnia) dan nafsu makan berkurang. Bila tak segera mendapatkan terapi, dampaknya bisa terbawa hingga generasi penerus bangsa itu beranjak dewasa. 

Ada beragam teknik permainan untuk mengatasi trauma anak, antara lain bermain pasif, bermain aktif motorik halus, dan bermain aktif motorik kasar. 

Diharapkan dengan adanya kegiatan pemulihan trauma dengan memberikan hiburan dan memberikan snack kepada anak-anak, dapat memulihkan psikologis anak yang mengalami trauma pasca terisolir selama berbulan-bulan yang dilakukan oleh KKB. (HJ9)
Editor: Mardan H Siregar 












Komentar