Sesjen Kemenhub Pantau Mudik Natal Angkutan KA Kelas Ekonomi Medan-Binjai

Redaksi: Senin, 25 Desember 2017 | 00.42.00

Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan Sugihardjo pada kunjungan kerja pantauan angkutan natal 2017 dan tahun baru 2018 di Stasiun Raillink KA, Medan, Sumatera Utara, Sabtu (23/12). (Foto: kemenhub)

MEDAN| HARIAN9 
Jumlah penumpang kereta api kelas Ekonomi pada Angkutan Natal dan Tahun Baru di Medan sangat tinggi di periode tertentu bahkan load faktornya sampai 150 persen. 

Hal ini disampaikan Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan Sugihardjo pada kunjungan kerja pantauan angkutan natal 2017 dan tahun baru 2018 di Stasiun Raillink KA, Medan, Sumatera Utara, Sabtu (23/12).

Dikatakannya, bahwa dari apa yang telah dilaporkan Kepala Divisi Regional (Divre) I Sumatera Utara ini Sugihardjo mengatakan. 

"Saya sebagai Sekjen Kemenhub tentu akan merapatkan di pusat baik dengan Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub maupun PT. KAI untuk bagaimana KA ekonomi seperti jurusan Medan-Binjai ini bisa ditambah kapasitasnya," jelas Sesjen.

Dijelaskannya, bahwa dari sisi lokomotif sementara cukup tapi tadi kita lihat rangkaiannya hanya empat kereta sehingga jika dalam satu rangkaian ditambahkan dua rangkaian menjadi enam rangkaian maka itu sudah meningkatkan kapasitas 50 persen dan ini sudah cukup membantu, hanya memang stok KA kelas ekonomi seperti itu tidak tersedia di sini.

"Nah segera setelah ini kita akan bahas di tingkat pusat untuk meningkatkan layanan kepada masyarakat yang masih membutuhkan KA ekonomi," jelasnya.

Dipaparkannya, bahwa di samping itu juga tadi ada usulan dari Kadishub Kota Medan Renward Parapat bahwa karena jaraknya cukup jauh dari Medan ke Binjai sekitar dua puluh lima kilo meter sehingga kalau ditengah-tengahnya bisa ada tambahan satu atau dua stasiun itu akan menbantu masyarakat dan juga menambah demand, itu yang pertama terkait KA kelas ekonomi.

Kemudian sebagaimana yang sudah diprogramkan oleh Pemerintah Daerah Kota Medan, kalau kita lihat nanti kita keluar stasiun parkirannya sudah sangat tidak memadai, kalau lebih sedikit saja pasti akan menghambat dan memacetkan lalu lintas.

"Dan dalam hal ini kami berterima kasih kepada Pemda atau Walikota Medan yang sudah menyiapkan lahan di lapangan merdeka untuk dikerjasamakan agar digunakan sebagai lahan parkir dan bagi masyarakat yang akan menuju stasiun atau dari stasiun menuju tempat parkir di Merdeka itu akan dibangun skybridge," ungkapnya.

"Skybridge sudah akan kita perbaiki sehingga tidak harus menyeberang jalan, naik ke jembatan penyeberangan itu akan memudahkan," tutupnya. (kemenhub/03)
Editor: Mardan H Siregar



Komentar