SELAMAT HUT ACEH TAMIANG


3 Paslon Pilgub Sumut Pemeriksa Kesehatan di RSUP Adam Malik Medan

Redaksi: Kamis, 11 Januari 2018 | 17.18.00

Tiga paslon cagub/wacagub sumut saat mengikuti tes kesehatan di RSUP) Haji Adam Malik (HAM), Kamis (11/1/2018). (Foto: Jaenal Abidin)


MEDAN| HARIAN9
Hari ini, tiga paslon menjalani pemeriksaan kesehatan guna mendukung aturan untuk menjadi cagubsu maupun wagubsu. Masing masing yang diperiksa kesehatannya  yaitu Edy Rahmayadi-Ijeckshah (ERAMAS), JR Saragih-Ance Selian dan Djarot Saiful Hidayat-Sihar Sitorus.

Ketua Tim Pemeriksaan Kesehatan Pilgub Sumut 2018, dr Ramlan Sitompul SpTHT-KL mengatakan sebanyak 50 dokter di siapkan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan bakal calon (balon) Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara (Sumut).

“Tes kesehatan ini melibatkan 50 dokter ahli dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Sumut,” katanya pada media di Paviliun Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Haji Adam Malik (HAM), Kamis (11/1/2018).

Dituturkannya, sebanyak 50 dokter ahli yang memeriksa balon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut karena pihaknya juga nantinya akan memeriksa calon bupati dan wakil bupati dari 8 kabupaten/kota di Sumut yang mengikuti Pilkada. 

“Pemeriksaan kesehatan ini, berbeda dengan lima tahun lalu. Kali ini melibatkan BNN dan psikologi. Ini sesuai dengan peraturan baru KPU," jelasnya.

Tes kesehatan untuk Cagub dan Cawagub Sumut dilaksanakan selama dua hari yakni pada tanggal 11 dan 12 Januari 2018.  Sedangkan untuk pemeriksaan kesehatan di hari kedua, akan dilakukan pemeriksaan medis dan tes dari BNN. 

“Di hari pertama tes kesehatan, para balon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut menjalani serangkaian tes psikologi seperti ujian tertulis dan wawancara," tuturnya.

Kemudian, tim medis melakukan tes kesehatan jantung dan rontgen. 

"Para paslon akan diperiksa pendengaran, penglihatan, penyakit dalam, kaki, dada, semuanya. Kemudian ada pemeriksaan dari BNN seperti tes urin. Jadi besok lebih kepada medis dan BNN. Pemeriksaan mulai pukul 08.00 WIB," ujarnya. (jae9)
Editor: Mardan H Siregar



Komentar