Batam Berpotensi Untuk Jadi Pusat Logistik Nasional

Redaksi: Jumat, 26 Januari 2018 | 06.39.00

Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution menyampaikan, Kepulauan Batam memiliki potensi untuk mengembangkan dan membantu pertumbuhan negara (net/dok)


BATAM| HARIAN9
Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution mengatakan, Pulau Batam di Provinsi Kepulauan Riau memiliki peluang untuk dikembangkan menjadi pusat logistik nasional karena letak strategisnya dekat dengan Singapura dan infrastruktur pendukungnya.

"Pulau ini bisa menjadi pusat zona berikat logistik atau sejenisnya," kata Darmin saat meresmikan Mayjen Eko Budi Soepriyatno sebagai wakil pembangunan infrastruktur Otoritas Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Batam (KPBPB) di Jakarta, Selasa kemarin.

Seperti dilansir dari TheJakartaPost Jumat (26/1/2018), lokasi strategis Batam dapat digunakan untuk transit kapal sebelum mereka melanjutkan perjalanan mereka untuk mengangkut berbagai barang dan komoditas ke wilayah timur Indonesia dan tempat-tempat lain di negara ini, kata menteri tersebut.

Dsebutkannya, Batam juga telah dilengkapi dengan berbagai infrastruktur yang dibutuhkan untuk dikembangkan. Oleh karena itu, ia menekankan perlunya kerja sama yang erat antara pemerintah kota Batam dan Badan Otorita Batam (BP Batam) untuk membuat infrastruktur menjadi fungsional bagi berbagai kegiatan ekonomi untuk mengembangkan pulau tersebut.

"Saya optimistis aparat saat ini bisa menjadikan Batam menjadi daerah yang lebih maju," katanya.

Sementara kepala BP Batam Lukita Dinarsyah Tuwo mengatakan saat ini pihaknya sedang berusaha memanfaatkan lahan kosong bagi investor untuk mulai berbisnis di pulau tersebut.

"Saya meminta pemilik lahan membuka usaha atau bekerja sama dengan investor untuk memanfaatkan lahan mereka," tambahnya.(net/01)



Komentar